Waspadai Cedera pada Kepala

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang menyimpan organ vital. Sehingga kondisinya selalu menjadi perhatian utama pada setiap kecelakaan. Saat berolahraga, cedera kepala merupakan kondisi yang sangat berbahaya dan membutuhkan pertolongan khusus. Karena cedera kepala sangat berisiko menyebabkan cacat permanen, gangguan mental bahkan kematian.

Cedera kepala merupakan semua jenis cedera pada otak, tengkorak, kulit kepala. Bisa berupa benjolan ringan, memar, bahkan cedera traumatis. Cedera kepala yang umum terjadi termasuk gegar otak dan  luka pada kulit kepala. Cedera pada kepala ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, tidak terkecuali olahraga dan aktivitas fisik.

Apabila mengalami benturan keras pada kepala saat melakukan aktivitas fisik dan olahraga, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada efek yang serius pada otak. Pada umumnya, ada beberapa gejala yang muncul jika seseorang mengalami cedera otak, yaitu:

  1. Pusing dan linglung
  2. Pandangan kabur
  3. Timbulnya masalah keseimbangan
  4. Merasa lesu dan lelah
  5. Mual dan muntah
  6. Sensitif pada cahaya dan suara
  7. Hilang ingatan
  8. Mengalami gangguan tidur
  9. Sulit konsentrasi.

Sedangkan gejala yang mengindikasikan cedera kepala yang lebih serius yaitu:

  1. Perubahan ukuran pupil
  2. Keluar cairan bening atau darah dari hidung, mulut atau telinga
  3. Kejang
  4. Gangguan pada indera pendengaran, penglihatan dan penciuman
  5. Kehilangan kesadaran
  6. Sesak napas
  7. Pembengkakan di area cedera
  8. Sakit kepala yang parah

Benturan dan kecelakaan pada kepala tidak boleh dianggap remeh dan disepelekan. Karena cedera kepala yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapatkan perawatan akan sangat berisiko pada kesehatan jangka panjang. Apabila mengalami cedera pada kepala, segera periksakan diri ke dokter.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security