Tetap Sehat Selama Bulan Puasa

Kini bulan suci Ramadhan telah tiba dan semua umat Muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan kurang lebih selama 13 jam setiap harinya. Apalagi dengan pandemi virus covid-19 yang belum usai. Tentunya menjaga kesehatan tubuh menjadi sangat penting selama bulan puasa ini. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selama berpuasa.

1.Melaksanakan sahur

Waktu sahur sering kali terlewatkan. Tidak sedikit yang memilih untuk makan lebih banyak pada malam hari dan tidak bangun ketika sahur. Namun, hal tersebut dapat membuat badan cepat lelah dan letih selama berpuasa. Dan efek panjangnya, daya tahan tubuh juga dapat menurun karena selama lemas selama berpuasa. Ada baiknya untuk tetap bangun dan makan secukupnya saat sahur.

2.Tidak makan berlebihan saat berbuka

Konsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka sering kali dilakukan. Karena selama berpuasa, ada begitu banyak keinginan akan makanan. Tetapi, konsumsi makanan berlebihan ketika berbuka dapat membuat lambung menjadi kecil dan enzim pencernaan tidak dapat bekerja dengan optimal.

3.Perhatikan konsumsi cairan untuk tubuh

Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairannya. Untuk mengembalikan cairan tubuh, konsumsi air putih setidaknya delapan gelas dari waktu berbuka hingga sahur. Dan hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi, karena akan mendorong keluarnya cairan tubuh melalui urin. Serta hindari minuman dingin, karena dapat membuat perut kembung.

4.Kurangi makanan berlemak dan manis

Saat berbuka puasa, konsumsi makanan manis seringkali disarankan untuk mengembalikan kadar gula dalam darah. Tetapi jika memakan makanan manis berlebihan akan meningkatkan gula darah secara cepat dan meningkatkan nafsu makan berlebihan. Selain itu, makanan manis dan berlemak bisa menyebabkan rasa lelah dan mengantuk. Sehingga ada baiknya jika tidak mengkonsumsi kedua jenis makanan ini secara berlebihan saat buka puasa maupun sahur.

5.Tetap lakukan olahraga dengan rutin

Saat puasa tentunya olahraga akan terasa sangat melelahkan. Tapi tetap saja olahraga perlu dilakukan agar badan tetap sehat dan bugar. Lakukan olahraga ringan seperti lari di tempat, berjalan, senam, atau olahraga peregangan. Olahraga dapat dilakukan di pagi hari atau beberapa jam sebelum berbuka puasa.

6.Istirahat yang cukup

Tidak hanya memperhatikan asupan makanan, pola tidur yang baik juga perlu diperhatikan selama bulan puasa. Kurangi begadang saat malam hari untuk tetap menjaga keseimbangan dan kebugaran tubuh. Tidak jarang mengantuk selama berpuasa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, bukannya kurang asupan makanan dan minuman. Luangkan juga waktu untuk beristirahat di siang hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security