Tetap Bugar Selama Social Distancing dengan Olahraga di Rumah

Beberapa waktu lalu, pemerintah menetapkan imbauan untuk menerapkan social distancing kepada masyarakat. Hal ini terkait dengan penyebaran coronavirus (Covid-19) atau cirus korona di Indonesia. Dengan social distancing, pemerintah menghimbau masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, seperti sekolah, bekerja, mengunjungi tempat ramai, menggunakan transportasi publik. Tidak sedikit sekolah yang diliburkan, bahkan beberapa perusahaan pun sudah menetapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi karyawannya.

Tidak sedikit juga yang memilih untuk melakukan isolasi mandiri untuk mengurangi risiko terpapar virus. Namun, walaupun tidak bisa keluar rumah, bukan berarti tidak bebas melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Apalagi bermalas-malasan hingga tidak berolahraga atau bergerak sama sekali. Gaya hidup yang tidak aktif dan sehat, justru akan melemahkan imunitas tubuh. Padahal imun tubuh yang baik sangat penting untuk melawan berbagai ancaman virus dan penyakit.

Oleh karena itu, tim KlinikFisioterapi.com telah merangkum berbagai kegiatan dan gerakan olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Agar tetap bugar dan aktif selama social distancing.

1. Yoga

Merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, untuk mengurangi risiko cedera karena tidak ada yang mengawasi, lakukanlah gerakan yang sederhana. Misalnya

  • tree pose,
  • cat-cow
  • mountain pose,
  • Downward-facing dog,
  • Side plank.

2. Jogging

Berlari tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah. Jogging di dalam rumah dapat dilakukan dengan menggunakan treadmill atau berlari bolak-balik di koridor rumah. Bahkan jogging bisa dilakukan dengan berlari di tempat.

3. Skipping atau lompat tali

Lompat tali bisa menjadi solusi selanjutnya untuk berolahraga di rumah. Olahraga ini dapat membantu mengeluarkan keringat dan juga merenggangkan otot. Tapi jangan lupa untuk melakukan perenggangan sebelumnya.

4. Olahraga kardio

Olahraga kardio bisa menjadi pilihan yang tepat untuk olahraga di rumah, karena tidak membutuhkan peralatan khusus. Olahraga kardio disebutkan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membakar kalori dan membentuk otot. Ada begitu banyak gerakan olahraga kardio yang dapat dilakukan, berikut di antaranya:

  • Jumping jack

Berdiri dengan posisi tangan di samping badan. Kemudian angkat kedua tangan ke atas kepala hingga bertemu, serentak dengan melompat dan merentangkan kaki selebar bahu.  Ulangi kembali

  • Burpees

Berdiri dengan tangan di samping tubuh dan kaki dibuka selebar bahu. Tekuk kedua lutut seperti akan melakukan squat dan condongkan tubuh ke depan ke arah lutut. Letakkan kedua telapak tangan di depan telapak kaki. Kemudian melompat ke belakang (kedua kaki secara bersamaan) dengan tangan menyangga tubuh. Turunkan tubuh seperti gerakan pushup dan angkat tubuh kembali, kemudian lompat ke depan sehingga kedua kaki ada di bawah dada. Terakhir, melompatlah sambil meluruskan lengan ke atas dan mendarat di posisi berdiri.

  • Mountain climber

Posisikan diri seperti akan melakukan pushup, lalu luruskan badan dari bahu hingga kaki. Angkat lutut mencapai dada, seolah akan berlari secara bergantian.

  • Squat

Awali dengan posisi berdiri tegak dan kaki dibuka selebar pinggul. Kemudian turunkan tubuh sejauh mungkin seperti akan duduk atau jongkok, sambil mendorong punggung ke belakang. Hindari untuk membungkuk dan busungkan dada. Naikkan lengan lurus ke depan untuk keseimbangan.

  • Lunge

Taruh kedua tangan di pinggang sambil berdiri tegak dan tarik sedikit bahu ke belakang. Langkahkan kaki kanan ke depan dan turunkan tubuh perlahan hingga lutut menekuk 90 derajat, tahan posisi beberapa detik. Kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan yang sama dengan kaki kiri.

Demikianlah beberapa olahraga dan gerakan yang dapat dilakukan selama social distancing di rumah. Masih banyak kombinasi latihan dan gerakan lain yang dapat dilakukan. Apalagi dengan tersedianya berbagai video tutorial dan aplikasi yang dapat membantu kegiatan olahraga di rumah. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga sehingga bisa terhindar dari risiko cedera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security