Rakitis, Penyakit Tulang karena Defisiensi Vitamin D

Rakitis merupakan suatu kondisi tulang yang mengalami kelunakan. Tulang tidak mampu menyerap kalsium dan fosfor yang dibutuhkan untuk membentuk tulang yang kuat. Biasanya terjadi pada masa pertumbuhan, mulai dari bayi hingga anak-anak. Penyebab utama dari rakitis adalah karena kekurangan vitamin D, atau yang biasa disebut dengan rakitis nutrisional. Tetapi, rakitis juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan gangguan metabolisme tubuh.

Rakitis menyebabkan penderitanya memiliki postur yang pendek, gaya berjalan yang tidak normal, dan mengalami hambatan dalam perkembangannya. Beberapa faktor risiko dari rakitis antara lain:

  1. Kurangnya ASI eksklusif,
  2. Kekurangan vitamin D,
  3. Konsumsi susu formula tanpa suplemen vitamin D tambahan,
  4. Kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan,
  5. Bayi lahir dari ibu yang kekurangan vitamin D,
  6. Faktor genetik yang menyebabkan penderita resisten terhadap vitamin D.

Penyakit rakitis ini sangat mungkin menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan pada ginjal dan hati. Selain itu, rakitis juga sangat mungkin terjadi pada orang yang memiliki gangguan malabsorbsi, seperti penyakit celiac, cystic fibrosis dan inflammatory bowel disease (IBS). untuk dapat mencegah penyakit rakitis, penuhi kebutuhan vitamin D sehari-hari. Hal tersebut dapat dipenuhi dengan konsumsi vitamin atau melalui sinar matahari pagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security