Terapi alternatif untuk mengatasi kelumpuhan

Tanya FisioterapisCategory: PertanyaanTerapi alternatif untuk mengatasi kelumpuhan
Indah asked 2 years ago

Saya ingin bertanya tentang mana yang lebih baik antara fisioterapi dengan akupuntur untuk membuat nyaman anggota badan (bahu-ujung jari), hemiplegia efek samping operasi otak angkat tumor? Sekalian numpang tanya, bisa tidak sih pasien meminta surat rujukan ke dokter untuk melakukan akupuntur di RS lain?

1 Answers
EkaSanjaya answered 2 years ago

Hallo Indah
Jaringan saraf, termasuk juga otak, merupakan jaringan tubuh yang tergolong sulit untuk pulih bila mengalami kerusakan, manfaat dari tindakan fisioterapi maupun akupuntur terhadap kelumpuhan (hemiplegia) memiliki hasil yang bervariasi tergantung seberapa berat kondisi kerusakan jaringan saraf yang terjadi serta bagian apa saja yang terkena.
Maka itu ada orang yang jauh lebih merasakan manfaatnya dengan melakukan fisioterapi namun kurang dengan tindakan akupuntur, tetapi ada juga yang justru sebaliknya. Maka itu perlunya dilakukan pengkajian medis lebih lanjut oleh dokter saraf yang menangani pasien hemiplegia tersebut, nantinya dari hasil pengkajian tersebut dokter saraf mungkin akan memberikan pengobatan dan juga mengkonsultasikan ke bidang terakait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut seperti misalnya dokter ahli kedokteran fisik dan rehabilitasi ataupun dokter ahli akupuntur klinik.
Rujukan tidak bisa dilakukan melalui forum website ini, karena untuk bisa mengetahui seseorang perlu dirujuk ke bagian apa dokter perlu melakukan pengkajian dasar terlebih dahulu. Dengan begitu akan didapatkan informasi yang cukup untuk mengetahui apa saja kebutuhan dari pasien dan apabila memang tidak bisa ditangani di fasilitas kesehatan tersebut barulah akan dirujuk kepada fasilitas kesehatan yang lebih tinggi kapasitasnya.
Semoga membantu
 
Ftr. Eka Sanjaya

Scroll to Top
Malcare WordPress Security