Sakit Punggung Bagian Bawah, Apakah HNP?

Tanya FisioterapisCategory: PertanyaanSakit Punggung Bagian Bawah, Apakah HNP?
Dedi Wahyudi asked 2 years ago

Halo, saya ingin bertanya. Saya 2 bulan lalu jatuh dari sepeda. Luka lecet-lecet biasa. Seminggu setelah itu baru terasa pinggang naik ke atas pas tengah tulang belakang bagian bawah terasa nyeri, tapi gak saya rasakan, dibiarkan saja. Lalu 2 minggu setelahnya tetap gak terlalu nyeri. Setelah 3 minggu saya pakai lari-lari agak berat ke gunung. Malamnya pinggang nyutnyutan luar biasa samapi susah tidur. Tapi besok harinya bangun pagi hilang lagi nyerinya. Malamnya kumat lagi, begitu seterusnya sampai saya rontgen terus dibawa ke dokter. Kata dokter gak apa-apa, cuma radang.
 
Tapi ini sudah 2 bulan masih berasa kaku di bagian tulang belakang dan pas posisi tidur terlentang ada rasa nyeri, pas duduk atau berdiri kadang-kadang juga terasa nyeri. Saya coba quick check HNP yang ada di youtube, gak berasa sakit, saya takut terkena HNP besok mau cek ke fisioterapis, adakah saran untuk saya?

1 Answers
nasrullahirawan answered 2 years ago

Halo Dedi
Tindakan yang Anda lakukan sudah benar. Ada juga boleh memeriksakannya kembali ketimbang mengira-ngira. Tetapi, mengenai cek HNP itu bisa Anda lakukan dengan mudah. Kalau Anda batuk ada terasa sakit, maka positif terkena HNP.
Ada 3 kemungkinan HNP untuk kasus pada pinggang Anda:
1. Muscle injury/microtear, dapat Anda redakan dengan diberi olesan krim penghangat 3 kali dalam sehari setelah mandi. Jika ada alergi, hentikan pemakaian.
2. Imbalance muscle work, kerja otot yang tidak seimbang. Anda bisa atasi dengan latihan plank atau latihan postur lainnya, atau dengan berenang.
3. Overuse muscle, kerja otot yang berlebih bisa diatasi dengan massage, stretching otot pinggang atau muscle release dengan bola tenis. Anda bisa menemukan caranya di youtube.
Semoga jawaban ini bisa membantu Anda.
 
Nasrullah Ftr

Scroll to Top
Malcare WordPress Security