Penanganan pada Pegal Setelah Encok

Tanya FisioterapisCategory: PertanyaanPenanganan pada Pegal Setelah Encok
Tito asked 2 years ago

Kalau orang terkena encok, pegal, lalu diurut, apakah itu tindakan yang benar? Kalau saya mengalami itu apa saya cukup istirahat atau ke tukang pijat? Ke mana seharusnya saya berkonsultasi?

1 Answers
PutiMaryati answered 2 years ago

Hallo Tito
Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.
Umumnya ada tiga hal yang mungkin bisa dilihat oleh masyarakat dalam sistem pengobatan (khusus untuk masalah pegal), yaitu traditional medicine, medical medicine, dan religius medicine. Kadang-kadang medical medicine merupakan alternatif terakhir bagi masyarakat kita. Biasanya mereka akan memilih pengobatan tradisional dulu. Akhirnya mereka diurut, malah menimbulkan sakit yang lebih parah. Itu tidak jarang terjadi.
Mengurut bukan solusi yang harus dilakukan pertama kali. Tergantung seberapa jauh aktualitas nyerinya. Kalau sifatnya hanya pegal, istirahat saja. Pegal bisa terjadi karena ototnya terlalu lelah, kerja ototnya terlalu statik, atau mobilitasnya kurang. Jadi, ketika merasa pegal-pegal atau encok sebaiknya tidak diurut. Anda sebaiknya istirahat yang cukup atau bed rest¸ jika mengalami injury pertama.
Semoga bisa menjawab rasa penasaran Anda.
 
Ftr. Puti Maryati

Scroll to Top
Malcare WordPress Security