Memulihkan tulang kaki setelah jatuh dari motor

Tanya FisioterapisCategory: PertanyaanMemulihkan tulang kaki setelah jatuh dari motor
Arif asked 2 years ago

Selamat sore… Saya pernah kecelakaan sepeda motor sekitar satu bulan lalu tepatnya 15 Februari 2019. Posisi jatuhnya ke samping kiri, tangan kiri keseleo akibat menahan saat jatuh, pinggul dan paha sebelah kiri terbentur aspal. Pertanyaan saya sekarang (saya menulis ini 17 Maret 2018) kaki paha bagian kiri belum bisa dipakai jalan tapi masih bisa digerakkan saat posisi tidur dan bokong sedikit diangkat seperti keadaan normal. Kira-kira bagaimana solusinya agar kaki paha bisa kuat buat berjalan? Terima kasih tanggapannya. Semoga paham maksud saya.

1 Answers
dindaandriani answered 2 years ago

Halo Arif, terima kasih atas pertanyaannya.
Apakah setelah mengalami kecelakaan Anda sudah memeriksakan diri ke dokter? Jika Anda mengalami kecelakaan dan terjatuh ataupun terbentur, benturan ini dapat berdampak pada tubuh yang terkena benturan. Dampaknya pun tergantung pada keras tidaknya benturan yang dialami.
Benturan ini dapat mempengaruhi tulang, otot, tendon (jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang), ligamen (jaringan ikat yang menghubungkan dua tulang), pembuluh darah, saraf, dan kulit. Gejala yang dapat ditimbulkan akibat benturan ini adalah luka, memar, sakit pada area benturan, bengkak, atau kesulitan saat menggerakan anggota gerak.
Jika hingga saat ini kaki kiri Anda belum bisa digunakan untuk berjalan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada ayah Anda dan biasanya akan menyarankan pemeriksaan selanjutnya seperti foto rontgen. Melalui foto rontgen dapat diketahui apakah keluhan yang Anda alami ini disebabkan oleh patah tulang pinggul atau paha. Beda penyebab sakit akan berbeda penanganan yang dilakukan.
Jika tidak ada ditemukan patah tulang, Anda bisa konsultasi dengan fisioterapis spesialis muskuloskeletal untuk mengatur program terapi fisik yang dapat Anda lakukan untuk kembali menguatkan otot tersebut sehingga dapat kembali berfungsi normal.
Semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda.
 
Ftr Dinda Andriani

Scroll to Top
Malcare WordPress Security