Kapan harus melepas kawat di pergelangan tangan setelah patah tulang?

Tanya FisioterapisCategory: PertanyaanKapan harus melepas kawat di pergelangan tangan setelah patah tulang?
Dina Hartati asked 2 years ago

Selamat pagi kawan-kawan fisioterapis.
Kakak saya pernah mengalami patah tulang di bagian pegelangan tangan kanan dan diatas pegelangan tangan kiri. Tangan kiri ada saraf yang terganggu, tangannya agak bengkok, tenaganya agak kurang, dan jari manis & kelingking tidak bisa dikepal. Setelah operasi kakak saya disarankan untuk terapi, kakak terapi rutin 2x dalam seminggu. Cuma 8 bulan dan tidak dilanjutkan lagi. Apakah akan ada efek sampingnya di masa tua nanti? Dan kawat yang dipasang di pegelangan tangan kanan harus dilepas atau tidak, kalau harus dilepas dilepasnya berapa bulan sesudah operasi?
Terima kasih.
Salam
 
Dina Hartati

1 Answers
BahuwiryaMustofa answered 2 years ago

Selamat sore Dina, terima kasih atas pertanyaannya ya.
 
Pada umumnya, terapi pasca operasi bertujuan untuk membantu mempertahankan atau membantu mengembalikan fungsi tangan kakak Anda menyerupai fungsi sebelum terjadi kerusakan, tetapi terapi tidak menjamin pengembalian fungsi 100% bila adanya kerusakan syaraf yang cukup berat. Bila kakak Anda tidak meneruskan terapi atas saran dokter, biasanya ada dua kemungkinan, bahwa fungsinya sudah lebih baik sehingga tidak akan terlalu masalah di kemudian hari atau penambahan waktu terapi pun tidak akan membantu mengembalikan fungsi lebih maksimal lagi dari yang sekarang. Tetapi bila kakak Anda menghentikan tanpa saran dokter, disarankan untuk berkonsultasi kembali kepada dokter yang merawat kakak Anda untuk menanyakan terapi lebih lanjut, karena jika kakak Anda masih membutuhkan terapi, di masa yang akan datang nanti mungkin saja fungsi tangan kakak Anda yang masih bisa dipertahankan menjadi hilang.
Untuk pelepasan kawat pada pergelangan kakak Anda juga sebaiknya dintanyakan kembali kepada dokter yang merawat, karena waktu pelepasan juga salah satunya dipengaruhi oleh jenis patah tulang yang dialami dan seberapa jauh penyembuhan tulang kakak Anda sampai saat ini.
Semoga membantu.
 
Bahuwirya Mustofa, A.Md.Ft

Scroll to Top
Malcare WordPress Security