Kaku Otot Meski Sering Berolahraga

Tanya FisioterapisCategory: PertanyaanKaku Otot Meski Sering Berolahraga
Beni Andrian asked 2 years ago

Selamat pagi. Saya dari kecil memiliki tipe badan yang kaku, tapi tetap suka berolahraga, sering gym dan badminton.
Sekarang usia saya sudah sekitar 35. Tapi, hampir setiap 1-2 minggu sekali pasti terasa lower back dan hamstring ototnya kaku sekali. Biasa saya pergi pijat, tapi berat juga kalau 1-2 minggu sekali selalu ke massage. Adakah cara untuk mengurangi kaku otot ini? Apakah saya harus latihan memperkuat otot lower back?

1 Answers
IKetutSuryani answered 2 years ago

Halo Beni
Terima kasih sudah bertanya.
Mungkin istilah kaku yang Anda sampaikan lebih tepat disebut ada kerja otot yang tidak seimbang, yakni antara otot depan (quadricpes) dan paha belakang (hamstring). Jika hamstring bekerja lebih berat, dampaknya akan sampai ke pinggang, ini adalah hal wajar kalau postur tubuh Anda lebih bungkuk. Olahraga badminton bukan untuk melatih otot-otot pinggang (lower back).
Lalu bagaimana jalan keluarnya?
Sebelum bermain badminton Anda dapat mencoba latihan yang disebut dynamic stretching for hamstring. Anda boleh mencari contoh gerakannya di youtube. Latihan lainnya adalah strengthening for quadriceps muscle, bisa Anda lakukan pada malam hari sebelum Anda tidur.
Anda juga bisa memakai insole yaitu tatakan kaki khusus dari Australia yang bisa Anda buat/pesan di klinik kami, disesuaikan dengan bentuk kaki Anda. Kemungkinan bentuk telapak kaki Anda lebih datar dari biasanya, jadi hamstring dan betis Anda sering terasa kaku.
Mudah-mudahan jawaban ini bisa membantu.
 
I Ketut Suryani, A.Md., Ft

Scroll to Top
Malcare WordPress Security