fisioterapi stroke

Pulihkan Fungsi Tubuh dengan Fisioterapi Stroke

Stroke adalah salah satu jenis penyakit yang banyak menyarang masyarakat Indonesia pada saat ini. Bahkan banyak orang yang menganggap stroke sebagai momok yang menakutkan karena stroke sendiri akan berdampak pada seluruh aspek kehidupan penderitanya.

Beberapa orang yang belum pernah terkena stroke dapat mencegahnya dengan membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Namun, bagi orang-orang yang sudah terserang stroke, mau tidak mau mereka harus melakukan proses rehabilitasi untuk memulihkan fungsi tubuhnya agar bisa normal seperti sedia kala. Proses reahabilitasi pada penderita stroke ini tergantung seberapa parah gejala yang dialami penderita pasca stroke.​

fisioterapi-stroke

Dampak dari serangan stroke bersifat meluas dan berlangsung lama. Oleh karena itu, untuk benar-benar bisa pulih penderita stroke harus melakukan rehabilitasi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selama masa rehabilitasi pasien stroke akan didampingi dan dibantu oleh sejumla ahli yakni seperti dokter, ahli fisioterapis, perawat dan juga keluarga.

Salah satu cara untuk memulihkan fungsi tubuh yang sangat efektif dan sudah banyak dilakukan oleh para pasien pasca stroke adalah fisioterapi stroke. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai fisioterapi stroke untuk memulihkan fungsi tubuh pasca stroke.

Mengenal Fisioterapi Stroke dan Manfaatnya

Fisioterapi stroke merupakan salah satu jenis perawatan melalui terapi fisik yang dibutuhkan oleh pasien pasca stroke yang mengalami gangguan keseimbangan dan koordinasi pada bagian tubuh tertentu. Hal ini karena serangan stroke yang akan memiliki dampak pada fisik penderitanya seperti kelumpuhan pada salah satu bagian tubuh dan tergangguya koordinasi dan keseimbangan tubuh. Sehingga tak heran jika penderia stroke pasca serangan stroke ini membutuhkan perhatian dan terapi khusus seperti fisioterapi stroke.

Untuk melakukan fisioterapi stroke, Anda hanya perlu mendatangi ahli fisioterapis atau dokter spesialis rehabilitasi yang nantinya akan menyusun rencan fisioterapi. Fisioterapi stroke pada umumnya akan dimulai setelah kondisi kesehatan pasien pasca stroke stabil.

Setelah itu, pasien akan menjalani sesi fisioterapi stroke secara rutin dengna durasi yang semakin meningkat seiring dengan proses pemulihan kendali dan kekuatan otot pasien.

Target Fisioterapi Stroke

Secara umum terdapat 2 target dalam fisioterapi stroke yakni target jangka pendek dan target jangka panjang. Dalam target jangka pendek, pasien stroe akan dilatih untuk melaukan gerakan yang simpel dan sederhana misalnya seperti mengambil sebuah objek. Sementara untuk target jangka panjang, ahli fisioterapis stroke akan melatih pasien untuk bisa berdiri dan berajalan.

Untuk menjalankan fisioterapi stroke tidak hanya dilakukan sendiri oleh dokter rehabilitasi medic dan petugas fisioterapi. Namun, anggota keluarga juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan perawatan fisioterapi stroke ini. Anggota keluarga memiliki pernana yang sangat penting untuk bisa melatih pasien fisioterapi stroke saat berada di rumah.

Waktu Perawatan Fisioterapi Stroke

Perawatan fisioterapi stroke pada umumya membutuhkan waktu pemuliha fisik selama beberapa bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Dan pada umumnya terapi fisik atau fisioterapi stroke ini akan diberhentikan pada saat kondisi pasien tidak lagi menunjukan kemajuan.

Peranan dan Manfaat Fisioterapi Stroke

Secara umum tujuan dan manfaat fisioterapi stroke yang ditargetkan pada pasien antara lain adalah untuk membiasakan pasien dapat melakukan aktivitas sehari-hari, melatih kemampuan fisik pasien dan mendapatkan dukungna sosial dan emosional.

Beberapa peranan fisioterapi untuk terapi kesembuhan pasien stroke antara lain adalah dilakukannya gerakan khusus untuk melatih otot yang kaku, latihan berjalan dengan menapakkan tumit kaki disertai ayuan tangan dengan pandangan lurus ke depan, dan juga terapi infrared serta terapi transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS).

Itu dia informasi mengenai fisioterapis stroke dan manfaatnya untuk pasien pasca stroke. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security