Pertolongan Pertama untuk Mimisan Saat Puasa

Epistaksis atau mimisan adalah suatu keadaan dimana darah keluar dari hidung karena pembuluh darah yang ada di permukaan dalam rongga hidung pecah. Di dalam rongga hidung terdapat banyak pembuluh darah yang sangat rapuh dan mudah pecah. Tetapi, penyebab dari mimisan sendiri kebanyakan disebabkan karena kondisi yang tidak terlalu serius.

Terdapat dua jenis mimisan, yaitu epistaksis anterior dan posterior. Epistaksis anterior terjadi karena pembuluh darah yang pecah dan berdarah adalah pembuluh di depan hidung. Sedangkan pada epistaksis posterior, pembuluh darah yang pecah berada di bagian dalam hidung. Pada epistaksis posterior, darah dapat mengalir ke belakang tenggorokan. Sehingga dapat dikatakan bahwa epistaksis posterior lebih berbahaya.

Mimisan saat berpuasa dapat terjadi salah satunya adalah karena selaput hidung yang menjadi kering. Sehingga terbentuk kerak di dalam hidung yang menyebabkan rasa gatal dan iritasi. Apabila saat itu hidung dikorek atau memasukkan jari ke hidung, maka hidung bisa terluka dan terjadilah mimisan. Mimisan saat puasa juga bisa disebabkan oleh alergi, udara yang terlalu dingin atau panas, infeksi saluran pernafasan, dan tekanan darah yang tinggi.

Apabila mengalami mimisan, lakukan cara berikut untuk menghentikannya.

  1. Tekan hidung selama 10 menit, dan condongkan tubuh sedikit ke depan sambil bernapas melalui mulut. Jangan berbaring atau mendongakan kepala ke atas, karena dapat mengakibatkan darah masuk ke rongga hidung dalam atau tertelan yang dapat mengiritasi perut.
  2. Lepaskan tekanan setelah 10 menit, apabila mimisan masih berlanjut ulangi kembali langkah pertama.

Umumnya, mimisan tidak membutuhkan penanganan medis yang khusus. Tetapi apabila mimisan tidak juga berhenti setelah 20 menit, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika mimisan terjadi setelah cedera, bisa saja mimisan merupakan epistaksis posterior yang serius.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security