Pertolongan Pertama pada Cedera (Memar, Keseleo dan Benjol)

Saat melakukan aktivitas fisik, baik yang ringan atau yang berat, akan selalu ada kemungkinan terjadinya suatu cedera  pada berbagai bagian tubuh. Cedera yang terjadi juga beragam, mulai dari cedera ringan hingga cedera yang serius. Sehingga seseorang perlu melakukan setiap aktivitas dengan hati-hati dan memperhatikan aspek keselamatan.

Setiap cedera yang membutuhkan tindakan atau perawatan yang berbeda, tergantung pada kondisi dan tingkat cederanya. Salah satu cedera atau tanda dari cedera yang dialami adalah memar, keseleo dan benjol.

  1. Memar

Merupakan bercak yang muncul di kulit saat pembuluh darah kapiler pecah atau terbuka di bawah kulit. Biasanya timbul jika mengalami kecelakaan seperti terjatuh, terbentur, atau menabrak sesuatu. Warna memar bervariasi mulai dari merah, biru, ungu gelap, coklat hingga hitam.

Untuk mengatasi memar dapat dilakukan dengan kompres dingin menggunakan kain yang direndam di dalam air dingin. Atau dengan es batu yang dibalut handuk. Kompres daerah yang mengalami memar sekitar 10 – 15 menit. Tujuannya adalah untuk menghambat pendarahan yang terjadi di bawah kulit. Obat penghilang nyeri juga dapat membantu menghilangkan sakit karena memar, seperti paracetamol.

  1. Benjol

Benturan yang terjadi seringkali menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit. Untuk mengobatinya, lakukan kompres dingin seperti pada memar. Namun segera periksakan apabila benjol tidak kunjung membaik, apalagi jika benjol terjadi di daerah kepala. Dan diikuti dengan pendarahan di kepala atau wajah, sakit kepala, kehilangan kesadaran, masalah penglihatan, dan permasalahan pernapasan.

  1. Keseleo atau terkilir

Merupakan cedera pada ligamen yang menghubungkan dua atau lebih tulang ke sendi. Keseleo biasanya terjadi karena sendi yang dipaksakan melakukan gerakan yang berlebihan atau posisi yang tidak tepat. Biasanya, keseleo akan sembuh dengan sendirinya setelah perawatan awal yang tepat. Perawatan tersebut antara lain:

1. Rest: Istirahatkan pergelangan kaki

Istirahatkan tubuh agar kondisi cepat membaik. Keseleo biasanya terjadi karena adanya aktivitas fisik yang berlebihan.

2. Ice: Kompres dingin

Berikan kompres dingin pada bagian yang keseleo selama 10 – 20 menit. Dan ulangi sesering mungkin selama 48-72 jam pertama setelah cedera.

3. Compress: Berikan tekanan dengan perban elastis

Balut daerah yang mengalami keseleo dengan perban untuk membantu mengendalikan pembengkakan yang terjadi.

4. Elevate: Angkat bagian tubuh yang keseleo

Letakkan bagian tubuh yang mengalami cedera lebih tinggi dari posisi tubuh lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security