Permasalahan Kesehatan Saat Puasa

Kini bulan suci Ramadhan telah tiba dan semua umat Muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Berpuasa sebenarnya bisa menjadi cara untuk memperbaiki gaya hidup yang sehat dan seimbang. Tetapi, tidak jarang ada beberapa permasalahan kesehatan yang terjadi di bulan puasa. Dan terkadang mengganggu aktivitas puasa itu sendiri.

1. Maag

Maag memang seringkali mengganggu pengidapnya saat berpuasa, karena rasa nyeri dan panas di lambung. Maag kambuh saat berpuasa biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan, makanan pedas dan menunda makan. Sehingga agar maag tidak mengganggu ibadah puasa, ada baiknya jika memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka. Hindari juga makanan yang meningkatkan produksi asam dan gas lambung.

2. Sembelit

Atau konstipasi adalah suatu keadaan dimana sisa makanan bergerak lambat dalam sistem pencernaan. Sehingga sulit dikeluarkan dari tubuh. Penyebab dari konstipasi ini beragam. Mulai dari perubahan pola makan, kurangnya aktivitas fisik, pemenuhan serat yang kurang, hingga tidak terpenuhinya kebutuhan akan cairan dalam tubuh.

Serat dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik usus dan juga membuat dinding usus mengembang. Sehingga membantu sistem pencernaan makanan. Cairan dalam tubuh juga dapat membantu melarutkan zat makanan dan mendorong sisa makanan ke sistem pembuangan tubuh.

3. Sakit kepala

Biasanya disebabkan karena kurang istirahat, dehidrasi, rasa lapar, hingga terlalu banyak konsumsi kafein. Untuk menghindarinya, konsumsi cairan dan makanan dengan jumlah yang cukup. Hindari kafein dan makanan yang manis dan berlemak.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security