Penyebab Sakit Tulang Belakang Bagian Bawah

Rasa nyeri pada tulang belakang bawah seringkali dikaitkan dengan nyeri punggung bawah (low back pain). Biasanya, rasa sakit ini berhubungan dengan ligamen (jaringan ikat) yang berada di sekitar tulang belakang, saraf, dan sumsum tulang belakang. Seringkali kondisi ini dirasakan pada orang dewasa berusia 30-40 tahun. Walaupun ada juga beberapa kasus yang terjadi pada usia 10-20 tahun karena kebiasaan yang kurang baik.

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan terjadinya sakit tulang belakang bagian bawah. Misalnya kehamilan, kebiasaan merokok, stress, kelebihan berat badan, dan konsumsi obat-obatan yang mempengaruhi kondisi tulang. Gejala dari sakit tulang belakang bawah ini beragam, mulai dari rasa nyeri, kebas, mati rasa pada kaki, nyeri sendi dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa penyebab dari sakit tulang belakang bawah:

  1. Ketegangan otot
    Atau biasa disebut sebagai muscle strain dan keseleo. Kondisi ini biasanya terjadi karena gerakan yang tiba-tiba dilakukan atau mengangkat beban yang terlalu berat. Bisa juga karena aktivitas yang dilakukan secara berlebihan.
  2. Gangguan struktur tulang belakang
    Misalnya karena artritis (radang tulang dan persendian), pengeroposan tulang (osteoporosis) dan juga tulang belakang yang tidak normal seperti kifosis atau skoliosis.
  3. Menderita penyakit tertentu
    Sakit tulang belakang bawah bisa juga disebabkan karena penyakit tertentu seperti adanya penyempitan pada kanal tulang belakang (stenosis spinal), infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, bahkan kanker pada tulang belakang.

Biasanya, untuk mengetahui penyebab dari sakit tulang belakang bagian bawah, dokter akan menyarankan dilakukannya beberapa tes. Seperti rontgen, CT Scan, MRI, pemindaian tulang, atau EMG dan pemeriksaan darah jika ada kemungkinan infeksi. Apabila mengalami sakit tulang belakang bawah, ada baiknya untuk tetap berusaha bergerak aktif. Karena bergerak akan membantu pemulihan sakit tulang belakang bawah. Tetapi perlu diingat untuk tidak memaksakan tubuh dan lakukan gerakan tanpa terburu-buru. Apabila sakit terus berlanjut bahkan semakin parah, ada baiknya jika berkonsultasi ke dokter saraf atau ortopedi agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security