terlalu lama duduk

Penyebab Nyeri Pinggang Pada Orang Kantoran

KlinikFisioterapi.com – Posisi dan cara duduk yang salah di kantor atau di rumah bisa memicu nyeri pinggang bawah. Kondisi yang disebut pula sebagai low back pain (LBP) ini bisa timbul akibat kebiasaan bekerja terus menerus di depan komputer. Apalagi jika lebih dari delapan jam dengan posisi yang cenderung statis dan tidak disertai pola ergonomis yang baik.

Low back pain bisa juga diakibatkan oleh duduk menonton televisi dalam waktu yang lama. Mungkin juga lantaran bekerja atau belajar pada meja yang terlalu rendah, membawa barang dengan beban terlalu berat pada satu sisi tubuh saja, juga bisa karena aktifitas berlebih.

Selain itu ada lagi penyebab yang lain, misalnya, kurang pemanasan sebelum berolahraga bahkan kelelahan akibat olahraga yang terlalu lama. Ini sangat mugkin memicu terjadinya nyeri pada otot-otot pinggang yang disebut low back pain miogenik. Jika dibiarkan nantinya bisa mengakibatkan peningkatan disabilitas pada pinggang itu sendiri.

Proses Terjadinya Nyeri Pinggang

Secara garis besar LBP miogenik adalah nyeri pinggang bagian bawah. Pemicunya adalah gangguan atau kelainan pada unsur muskuloskeletal vertebra thorakal 12 sampai dengan bagian bawah panggul atau anus. Berhubungan dengan strain otot punggung, tendon, ligamen yang biasanya ada bila melakukan aktivitas sehari-hari secara berlebihan.

Nyeri yang timbul bersifat tumpul, intensitas bervariasi, seringkali menjadi kronik, dapat terlokalisir atau bisa meluas ke sekitar glutea. Nyeri ini tidak disertai dengan hipertensi, parastesia, kelemahan atau defisit neurologis (Paliyama, 2003).

Hal tersebut mengakibatkan terjadinya permasalahan kapasitas fisik berupa nyeri pada punggung bagian bawah, penurunan ruang gerak (room of movement) dan penurunan kekuatan otot fleksor dan ekstensor punggung bawah.Penyebab Nyeri Pinggang dan Punggung Bawah.

Ada dua klasifikasi penyebab LBP berdasarkan faktor mekanikal. Penyebab yang pertama adalah yang bersifat statik. LBP pada tipe ini terjadi karena kesalahan postural dalam keadaan cenderung diam untuk waktu lama, seperti posisi kepala yang terlalu condong (forward head position), bahu melengkung ke depan, perut menonjol ke depan, dan lordosis lumbal yang berlebihan.

Hal tersebut tentu mengakibatkan otot-otot pinggang menjadi tegang, sehingga suplai darah ke otot kekurangan oksigen menjadi terhambat. Akhirnya otot kekurangan oksigen yang mengakibatkan timbulnya nyeri pada area punggung bawah atau pinggang.

Faktor mekanikal yang kedua adalah yang bersifat dinamik. Dalam keadaan normal, gerakan tulang berlangsung dan terintegrasi dengan baik serta terjadi pembatasan oleh otot dan ligamen. Agar tidak menimbulkan keluhan nyeri, gerakan tidak boleh berlebihan.

Apabila gerakan berlebihan maka bisa mengakibatkan terjadinya peregangan yang berlebihan. Jika sudah demikian, secara otomatis akan menambah kerusakan yang menimbulkan rasa nyeri pada pinggang (Feskes SK dan Greenberg SA, 2003).

Baca juga: Penyebab Nyeri Leher Saat Bekerja

Melakukan Gerakan Aktif, Apakah Menyebabkan Nyeri Pinggang?

Di Amerika Serikat, terdapat sebesar 15 hingga 45 persen proporsi masyarakat yang terkena LBP pada setiap tahunnya. Kejadian paling banyak dialami oleh orang-orang berusia 35-55 tahun (Turder dan Koes, 2001).

Lebih kurang 90 persen LBP miogenik disebabkan karena penggunaan secara berlebihan atau akibat trauma yang menimbulkan stress atau strain pada otot, tendon, dan ligamen (Borensen & Wiesel, 2004).

Faktor lain terkait dengan aktifitas sehari-hari yang berlebihan dan dilakukan dengan tidak benar, misal mengangkat beban berat, terlalu lama berdiri atau duduk dengan posisi yang salah dan tidak ergonomis (Magee, 1999).

Peran Fisioterapi untuk Mengatasi Nyeri Pinggang

Fisioterapi berperan penting untuk mengatasi permasalahan yang timbul pada low back pain miogenik. Pada praktiknya, proses melakukan fisioterapi terdiri dari asesmen fisioterapi, diagnosa fisioterapi, perencanaan fisioterapi, intervensi fisioterapi, evaluasi atau re-evaluasi yang seluruhnya merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan.

Fisioterapi sangat penting dalam kasus ini yaitu memberikan layanan kepada penderita nyeri untuk memperbaiki, mengembangkan, dan memelihara gerak dan kemampuan fungsi yang maksimal sepanjang rentang kehidupan individu atau kelompok tersebut.

Pelayanan fisioterapi diberikan ketika seseorang mengalami gangguan akibat cedera atau sakit. Karena gerak dan fungsi yang sehat serta maksimal adalah inti dari hidup sehat. Bagi Anda para pembaca, bisa kontak klinikfisioterapi.com untuk berkonsultasi lebih jauh soal LBP dan penanganannya.

Putri Tria Anzani
Program Studi S-1 Fisioterapi, Fakultas Fisioterapi
Universitas Esa Unggul

2 thoughts on “Penyebab Nyeri Pinggang Pada Orang Kantoran”

  1. Pingback: Mencegah Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

  2. Pingback: Pekerja Kantoran Memiliki Resiko Penyakit Berbahaya – Klinik Fisioterapi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security