bekerja di depan komputer

Penyebab Nyeri Leher Saat Bekerja

KlinikFisioterapi.Com Pernah mengalami gejala ini saat bekerja? Leher Anda terasa nyeri yang makin lama makin hebat. Dan itu bisa terjadi di daerah sekitar satu sisi leher Anda. Bisa juga nyeri pada kedua sisi leher Anda.

Kalau Anda pernah mengalaminya, mungkin Anda terserang Myofacial Pain Syndrome (MPS). Perlu diingat, sindrom yang satu ini memang tidak hanya menyerang leher tapi bisa juga bagian tubuh yang lain.

MPS pada bagian leher, misalnya, membuat Anda mengalami keluhan nyeri dan pegal pada daerah satu sisi atau bahkan kedua sisi leher. Apabila dilakukan pemeriksaan akan ditemukan adanya pemendekan jaringan otot. Setelah itu, otot-otot ini akan terasa kaku dan mengeras.

Secara klinis kondisi ini sering dikeluhkan sebagai sesuatu yang “grenjel” pada otot. Bila bagian ini diberi tekanan Anda akan merasakan nyeri yang hebat dan tak tertahankan.

Penyebab Terjadinya Nyeri Otot

Penyebab timbulnya nyeri myofascial upper trapezius bukan hanya akibat posisi yang statis saat bekerja. Pola gerak yang salah bisa ikut berperan. Ternyata penyebab MPS banyak sekali, semuanya menimbulkan rasa nyeri. Diantara penyebab rasa nyeri yang diakibatkan oleh MPS dapat terjadi karena degenerasi, injuri atau cedera, penyakit dan kesalahan posisi saat bekerja.

Baca juga: Mencegah Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

Perubahan Kondisi Otot

Pada degenerasi otot terjadi penurunan komposisi-komposisi dari otot seperti berkurangnya jumlah membran sel (sarkolema)pada proses degenerasi produksi sarkolema akan menurun.

Cedera Otot

Injuri pada otot akan mengakibatkan kerusakan pada otot seperti pada lapisan pelindung otot bagian luar otot, bagian tengah otot, bagian inti paling dalam otot (epimysium, perimysium, endomysium) bahkan pada fasia, dimana saat terjadi injuri akan terjadi peradangan.

Cara Tubuh Mengatasi Nyeri Otot

Saat terjadi peradangan, tubuh akan segera merespon sehingga terjadi proses perbaikan jaringan, dimana pembuluh darah melebar sehingga darah yang mengalir pada daerah tersebut banyak. Kita ketahui bahwa darah membawa segala macam zat yang diperlukan oleh tubuh.

Demikian juga pada saat proses perbaikan jaringan, darah pun membawa zat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Pada keadaan tertentu terkadang zat yang dibawa oleh darah terlalu banyak sehingga terjadi penumpukan zat yang dapat mengakibatkan terjadinya abnormal crosslinks, dimana ikatan ini dapat mengakibatkan keterbatasan fungsi dari otot atau jaringan.

Rihla Farhati
Program Studi S-1 Fisioterapi, Fakultas Fisioterapi
Universitas Esa Unggul

2 thoughts on “Penyebab Nyeri Leher Saat Bekerja”

  1. Pingback: Penyebab Nyeri Pinggang Pada Orang Kantoran

  2. Pingback: Mencegah Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security