Pentingnya Kebutuhan Aktivitas Fisik Bagi Anak

Anak usia sekolah dan remaja membutuhkan aktivitas fisik yang cukup untuk kesehatan jasmaninya, menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Aktifitas fisik yang dimaksud adalah aktivitas yang membutuhkan pergerakan tubuh mulai dari berjalan, melompat, olahraga, hingga berlari.
Aktifitas fisik yang tidak berlebihan dan tidak kurang intensitasnya, akan memberikan berbagai manfaat pada kesehatan anak, diantaranya:

  1. Membantu perkembangan dan kesehatan tulang, otot, sendi.
    Aktivitas fisik akan membantu memperkuat kemampuan otot, tulang dan persendian anak. Sehingga saat dewasa, kondisi alat gerak akan tetap kuat dan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena penurunan kondisi alat gerak. Misalnya osteoporosis.
  2. Membantu perkembangan dan menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.
    Dengan aktivitas fisik, kerja jantung dan paru-paru akan semakin baik dan efisien. Jantung dan paru-paru yang kuat juga akan mengurangi risiko penyakit di masa depan.
  3. Menjaga berat badan.
    Apabila anak aktif bergerak, maka kalori yang ada dalam tubuh juga akan terbakar dan dimanfaatkan. Sehingga kalori tidak berubah menjadi lemak dan menumpuk di tubuh anak. Berat badan yang terkendali juga dapat menghindari anak dari berbagai permasalahan kesehatan seperti obesitas, risiko penyakit jantung , dan diabetes.
  4. Meningkatkan kemampuan kognitif.
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Finnish National Board of Education, kegiatan fisik juga dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak. misalnya membantu melatih fokus anak dan daya tangkap anak akan informasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security