efek fisioterapi

Penanganan Keseleo pada Tangan

Saat berolahraga atau beraktivitas, salah satu cedera yang paling sering dialami adalah keseleo. Tidak hanya pada kaki, keseleo juga dapat terjadi pada tangan. Saat seseorang terjatuh, tangan secara refleks akan bekerja menjadi tumpuan untuk menahan berat badan. Karena adanya tekanan besar dan tiba-tiba pada tangan, terjadilah regangan pada ligamen di pergelangan tangan. Tidak hanya regangan, bisa juga terjadi robekan pada ligamen.

Tangan yang keseleo dapat dibagi menjadi beberapa tingkat keparahan, yaitu:

  1. Tingkat 1 dimana ligamen mengalami peregangan berlebihan tetapi tidak terjadi robekan. Biasanya akan membaik dalam beberapa hari.
  2. Tingkat 2, terjadi saat adanya robekan di sebagian dan menyebabkan penurunan fungsi pada tangan.
  3. Tingkat 3, yaitu adanya robekan sepenuhnya pada ligamen. Bahkan bisa terjadi pada lebih dari satu ligamen. Tidak jarang pada tingkatan ini, ligamen terlepas dari tempatnya di tulang. Apabila ada sebagian tulang kecil yang ikut terpisah bersama ligamen, kondisi tersebut dinamakan patah avulsi.

Semakin tinggi tingkat keparahan keseleo tangan, maka waktu penyembuhan juga akan semakin lama. Ketika mengalami keseleo, tangan akan terasa nyeri dan pergerakan menjadi terbatas. Proses peradangan yang terjadi juga akan menyebabkan tangan tampak bengkak, kemerahan dan hangat bila dipegang.

Beberapa perawatan yang dapat dilakukan di rumah untuk mengobati keseleo pada tangan antara lain:

  1. Hindari menggunakan tangan yang keseleo setidaknya selama 48 jam,
  2. Kompres bagian yang keseleo dengan kompres dingin. Setidaknya selama 20 menit dan lakukan beberapa kali sehari. Kompres dingin akan membantu meredakan pembengkakkan. Tetapi jangan langsung menempelkan es batu ke kulit, gunakan alat kompres atau lapisi es batu dengan kain.
  3. Letakkan tangan pada posisi lebih tinggi dari jantung

Pada umumnya, keseleo dapat membaik dengan pengobatan di rumah. Waspadai pula kemungkinan terjadi robekan pada ligamen walaupun gejala keseleo pada tangan terlihat ringan. Apabila gejala keseleo tidak membaik dalam 48 jam, lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui tingkat keparahannya. Dan untuk menghindari permasalahan jangka panjang seperti nyeri kronis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security