Olahraga yang Dapat Dilakukan Saat Berpuasa

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Tetapi bukan berarti puasa menjadi alasan untuk tidak aktif dan tidak berolahraga. Karena olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan ditengah pandemi covid-19 saat ini. Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat dilakukan selama berpuasa.

1. Jalan santai

Selama berpuasa, hindari olahraga yang terlalu berat dan membuat tubuh berkeringat. Jalan santai merupakan salah satu olahraga yang bisa dipilih. Dengan jalan santai, jantung, otot dan tulang dapat dilatih tanpa mengeluarkan energi yang berlebihan.

2. Lari kecil/di tempat

Lari kecil juga bisa menjadi alternatif olahraga yang dapat dilakukan selama berpuasa. Lakukan lari-lari kecil dengan berkeliling rumah atau di tempat saja dengan intensitas yang rendah. Hindari berlari yang berlebihan karena dapat memicu dehidrasi.

3. Bersepeda

Bersepeda bisa dilakukan sekaligus menunggu waktu berbuka. Selain menjaga kesehatan dan kesehatan tubuh, olahraga ini juga dapat membantu membakar kalori untuk menurunkan berat badan.

4. Latihan beban

Lakukan latihan beban secara perlahan agar otot tidak mengalami kram. Gunakan juga beban yang tidak terlalu berat.

5. Yoga

Yoga disebutkan sebagai olahraga yang tidak terlalu menggunakan banyak energi. Tetapi mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan rileks. Karena sebagian besar gerakan yoga menggunakan fokus kepada teknik pernafasan. Sehingga akan sangat membantu dalam peredaran oksigen ke seluruh tubuh yang terkadang terganggu selama berpuasa.

6. Senam perengangan

Senam peregangan atau stretching merupakan olahraga yang dapat dilakukan selama puasa. Dengan berbagai gerakan yang mudah, senam peregangan dapat membantu menjaga kesehatan selama berpuasa, tidak hanya kesehatan fisik tetapi juga mental.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security