Mengenal Polimiositis, Radang Otot Kronis

Nyeri otot sering dialami karena adanya peradangan pada otot dan jaringan disekitarnya. Sebagian besar nyeri otot disebabkan pula oleh tarikan atau cedera pada otot. Namun, nyeri otot berpotensi menjadi gejala radang otot kronis, salah satunya polimiostis.

Penyebab dari radang otot kronis ini belum diketahui secara pasti. Ada yang menghubungkan polimiositis dengan autoimun atau infeksi. Bisa juga disebabkan oleh konsumsi obat tertentu yang meningkatkan risiko terjadinya radang otot. Penderitanya dapat mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas harian. Bila sudah parah, radang otot dapat menyebabkan kelemahan otot.

Berikut adalah beberapa gejala dari polimiostis:

1. Kelemahan pada otot, terutama bagian tengah tubuh. Misalnya leher, pundak, pinggang, bahkan pada jari tangan dan kaki.
  2. Mudah terjatuh dan mengalami kesulitan bangun
  3. Nyeri otot dan kekakuan.
  4. Mudah lelah.
  5. Mengalami kesulitan menelan (disfagia) dan sulit bernafas. Tetapi kondisi ini jarang terjadi.
  6. Penurunan berat badan dan malnutrisi apabila kesulitan menelan terjadi dalam waktu yang lama.

Pengobatan untuk polimiositis diberikan tergantung dengan gejala , usia , kondisi kesehatan dan tingkat keparahan yang dialami. Penyakit ini dikatakan sulit untuk disembuhkan. Tetapi dapat dilakukan pencegahan untuk mengendalikan gejala dan mencegah memburuknya kondisi.

1. Konsumsi obat anti-inflamasi

Pengobatan biasanya dilakukan dengan memberikan obat anti peradangan. Dosis yang dikonsumsi harus sesuai dengan resep dokter. Karena dalam dosis yang terlalu tinggi, obat anti peradangan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes, katarak dan osteoporosis.

1. Obat imunosupresi

Obat ini diberikan jika penyebab dari peradangan otot dicurigai karena autoimun.

1. fisioterapi

Latihan fisik yang diberikan dapat membantu pergerakan dan membantu menguatkan otot. Latihan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya atrofi (pengecilan) otot dan kekakuan pada sendi.

1. istirahat

Istirahat sangat membantu proses pemulihan radang otot, karena akan membantu meredakan gejala nyeri otot yang dialami penderitanya.