kursi ergonomis

Mencegah Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

KlinikFisioterapi.com – Sakit pada daerah sekitar leher hingga pinggang seringkali terjadi saat duduk terlalu lama selagi kita bekerja. Apabila Anda pernah merasakannya, bisa jadi keluhan ini timbul akibat kursi kerja Anda yang tidak ergonomis. Apa yang dimaksud dengan kursi ergonomis?

Kursi kerja ergonomis dapat membantu Anda mengurangi risiko nyeri punggung, nyeri pinggang, nyeri leher dan lengan. Kursi semacam ini akan mendukung posisi duduk Anda pada ketinggian yang sesuai. Membantu postur tubuh berada pada kondisi yang tepat sehingga Anda bisa bekerja dengan nyaman.

Gejala yang Timbul Akibat Duduk Terlalu Lama

Efek dari duduk pada posisi yang salah dapat berakibat buruk pada kesehatan tubuh. Apalagi bila dilakukan dalam durasi yang cukup lama. Rasa nyeri atau pegal bisa timbul karena tumpuan berat badan tidak seimbang, sirkulasi darah tidak lancar, atau tekanan pada satu titik tubuh yang berlebihan.

Biasanya, para pekerja kantoran yang sering duduk di depan komputer mempunyai keluhan pada punggung, bahu, leher, tangan, lengan, atau pergelangan tangan. Gejala nyeri dan rasa pegal pada anggota badan tersebut disebabkan oleh tekanan dan ketegangan otot maupun syaraf yang ada padanya.

Ketika tubuh berada pada posisi yang sama dalam durasi waktu yang panjang, bagian-bagian tubuh ini bisa mengalami kelelahan. Rasa tegang dan pegal karena tekanan bisa menyerang bagian otot, tendon (jaringan pengikat otot dengan tulang), sendi, syaraf, pembuluh darah, hingga menyerang ke tulang belakang.

Keluhan dan cedera ini bisa berlanjut. Maka, penting bagi Anda untuk mengatasinya secara tepat. Risiko akan meningkat apabila Anda memiliki penyakit atau keluhan kesehatan yang lain, seperti artritis atau stres emosional misalnya.

Baca juga: Penyebab Nyeri Pinggang pada Orang Kantoran

bekerja di depan komputer

Kriteria Kursi Ergonomis yang Tepat

Umumnya sebuah kursi memiliki elemen-elemen seperti sandaran, bantalan, ukuran, dan bentuk yang variatif. Siapa sangka, ternyata elemen-elemen ini juga bermanfaat untuk menunjang postur duduk yang tepat. Jadi, bukan hanya sekadar model dan gaya yang indah dipandang saja.

Bentuk dan ukuran kursi, sandaran, serta bahan bantalan yang tidak tepat bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Salah satunya nyeri pinggang, nyeri punggung, atau nyeri pada leher yang Anda alami ketika terlalu lama duduk.

Kursi kerja yang ergonomis bermanfaat jika Anda jadikan perabotan kantor, karena dapat mengurangi risiko sakit kepala, kelelahan pada mata, nyeri punggung, nyeri leher, serta mencegah terjadinya gangguan pada tendon dan bantalan sendi.

Berikut ini merupakan kategori kursi ergonomis yang dapat mendukung posisi duduk Anda lebih nyaman:

1. Dudukan Kursi

Dudukan pada kursi harus mampu mendukung posisi duduk yang benar. Kursi sebaiknya tidak kaku sehingga tubuh bisa bergerak dengan mudah. Dengan demikian kursi akan membantu menyangga tubuh dengan baik untuk posisi apapun. Dudukan kursi seharusnya memiliki bantalan yang baik dengan ujung yang tidak membentuk sudut sehingga akan mengurangi tekanan pada bagian belakang kaki dan nyaman digunakan.

2. Ketinggian Kursi

Posisi tinggi kursi yang tepat adalah ketika Anda mendudukinya seluruh telapak kaki menempel di atas lantai, dan bagian belakang tekukan lutut berada sedikit di atas bantalan kursi. Posisi demikian akan mengurangi risiko terhambatnya aliran pembuluh darah pada kaki, juga menghindari tekanan pada satu bagian tubuh.

3. Sandaran Duduk

Sandaran kursi yang baik adalah sandaran yang mampu mendukung posisi tubuh yang benar. Jika Anda merasa sandaran kursi belum cukup menyokong ruas tulang belakang, Anda bisa menempatkan bantal sebagai penyokong tambahan untuk bagian punggung dan pinggang. Hal itu akan mendukung postur tubuh lebih baik ketika duduk.

4. Sandaran Lengan

Bagian samping kursi untuk sandaran tangan seharusnya dapat menyokong lengan Anda ketika sedang bekerja. Jangan sampai sandaran tangan ini terlalu rendah atau terlalu tinggi. Karena postur duduk Anda akan terganggu jika hal tersebut sampai terjadi. Potensi lain yang bisa terjadi adalah bagian siku Anda akan mengalami tekanan serta kurangnya sokongan tubuh ketika sedang bekerja.

Baca juga: Tips Stretching Mencegah Nyeri Myofacial Pain Syndrome (MPS)

Sekarang, sudah saatnya Anda memanfaatkan kursi ergonomis sehari-hari agar terhindar dari gangguan kesehatan. Jangan sampai kursi yang kurang sesuai membuat Anda merasa tidak nyaman saat duduk dan bekerja.

Anda bisa berkonsultasi dengan seorang fisioterapis jika Anda mengalami keluhan yang mungkin disebabkan oleh kesalahan posisi duduk dan terlalu lama duduk saat bekerja.

1 thought on “Mencegah Efek Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama”

  1. Pingback: Penyebab Nyeri Leher Saat Bekerja

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security