Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa

Kini bulan suci Ramadhan telah tiba dan semua umat Muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan kurang lebih selama 13 jam setiap harinya. Mengingat tubuh terdiri dari 70% cairan, tidak mengkonsumsi cairan selama puasa akan membawa risiko dehidrasi. Untuk menghindarinya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

1.Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Setiap orang memiliki kebutuhan akan cairan tubuh yang berbeda-beda. Kebutuhan yang dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan juga kondisi setiap individu. Namun, rata-rata  orang dewasa membutuhkan setidaknya 2 liter air atau sekitar 8 gelas air setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut saat puasa, cara mudahnya adalah dengan menerapkan aturan 2-4-2. Yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur.

2. Kurangi konsumsi makanan asin

Makanan bergaram dapat menyebabkan haus bahkan kekurangan cairan selama puasa. Karena terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh akan mengganggu pengaturan cairan tubuh. Sehingga ada baiknya jika mengurangi konsumsi makanan bergaram, terlebih lagi saat sahur.

3. Konsumsi buah dan sayuran

Pemenuhan cairan tubuh tidak hanya didapatkan dari minuman saja, bisa juga diperoleh dengan konsumsi makanan. Bahkan 10-20% kebutuhan cairan dapat dipenuhi dari makanan. Sehingga dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang berlebihan saat berbuka dan sahur. Lebih baik konsumsi makanan yang mengandung cukup air, agar kebutuhan cairan terpenuhi dan terasa kenyang. Misalnya dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur.

4. Utamakan air putih

Selama puasa, hindari konsumsi minuman yang berkafein dan mengandung gula yang tinggi. Apalagi jika mengkonsumsinya saat sahur, karena akan menimbulkan rasa haus dalam beberapa jam. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih yang mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika memang membutuhkan kafein, seimbangkan asupannya dengan lebih banyak mengkonsumsi air putih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security