Memenuhi Kebutuhan Aktivitas Fisik Anak selama Pandemi

selama pandemi covid-19 ini, pemerintah menerapkan peraturan social distancing dan PSBB (—). Peraturan ini menyebabkan masyarakat diimbau untuk melakukan aktivitasnya di rumah. Dengan berbagai perusahaan yang menerapkan bekerja dari rumah. Tidak hanya itu, sekolah pun ditutup dan pembelajaran dilakukan secara online.

Selama masa belajar di rumah, tentunya aktivitas fisik menjadi berkurang. padahal, aktivitas fisik ini sangat diperlukan oleh anak untuk pertumbuhannya. Juga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anak. Kegiatan fisik juga dapat membantu anak untuk dapat mengelola stres dan lebih fokus pada pembelajarannya. Berikut adalah beberapa aktivitas fisik yang dapat dilakukan bersama anak selama pandemi.

  1. Olahraga keluarga

Merupakan aktivitas yang sangat dibutuhkan, karena tubuh yang sehat akan menurunkan kemungkinan terkena berbagai penyakit. Lakukan olahraga seperti senam, yoga, bermain bola dan sebagainya. Dapat juga melakukan olahraga secara virtual dengan mendaftar kelas online. Atau mencari video olahraga di berbagai situs internet.

  1. Membersihkan rumah bersama

Melakukan tugas rumah tangga bisa menjadi kegiatan yang menarik bagi anak. Berikan tugas yang sesuai dengan kemampuan fisiknya. Misalnya membantu menyusun alat makan, membersihkan kamar, dan menyiram tanaman.

  1. Aktivitas luar ruangan

Di saat pandemi ini tentunya kegiatan fisik di luar rumah menjadi sulit untuk dilakukan. Tetapi tidak ada salahnya untuk keluar rumah sesekali, tetapi jangan terlalu jauh. Lakukan kegiatan seperti bersepeda di sekitar lingkungan rumah.

  1. permainan tradisional

Saat pandemi, mungkin dapat menjadi kesempatan untuk memperkenalkan anak dengan berbagai permainan tradisional. Pilih permainan tradisional yang memungkinkan untuk dimainkan di rumah atau di halaman rumah. Misalnya bermain kelereng, petak umpet, atau bentengan.

  1. Membereskan barang di rumah

Ajak anak untuk memilah dan membereskan barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai. Misalnya pakaian atau mainan yang kemudian dapat didonasikan setelah keadaan membaik.

Kegiatan fisik memang sangat penting untuk kesehatan anak, tetapi perlu diawasi agar kegiatan fisik tidak berlebihan. Kegiatan fisik yang berlebihan akan menyebabkan anak terlalu lelah. Akibatnya, kebugaran dan daya tahan tubuh anak juga bisa menurun. Oleh karena itu, batasi kegiatan fisik anak dan berikan anak kesempatan untuk beristirahat setelah beraktivitas. Seimbangi juga dengan asupan gizi yang seimbang untuk perkembangan fisik dan kecerdasannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security