manfaat puasa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Anda

KlinikFisioterapi.Com – Kini telah tiba saatnya Ramadan, bulan dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa. Puasa adalah ibadah untuk menahan lapar, dahaga, serta hawa nafsu. Mulai dari sebelum terbit matahari hingga tenggelamnya matahari.

Selain untuk mengukur ketakwaan umat muslim, puasa memiliki manfaat untuk tubuh dan kesehatan fisik Anda. Misalnya dapat mengontrol berat badan hingga menghilangkan racun-racun dalam tubuh. Mari kenali lebih lanjut apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

manfaat puasa

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Kondisi tubuh sehat dan bugar adalah keinginan banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai kondisi tubuh sehat. Misalnya dengan menjaga pola makan hingga mengonsumsi suplemen tambahan.

Selain dengan cara-cara tersebut, ternyata dengan berpuasa Anda juga bisa mencapai kesehatan tersebut. Berikut ini merupakan berbagai manfaat puasa untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Menurunkan Berat Badan

Ketika tubuh dalam kondisi normal, makanan yang mengandung gula menjadi sumber energi utama tubuh. Sumber energi ini disimpan di otot dan hati dalam tubuh kita. Selama berpuasa, gula yang disimpan dalam tubuh ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi.

Apabila gula dalam tubuh sudah digunakan, berikutnya adalah cadangan makanan berupa lemak yang menjadi sumber energi. Baru kemudian setelahnya protein yang ada di otot ikut terambil, tetapi kondisi ini terjadi hanya bila tanpa asupan sama sekali selama berhari-hari. Berat badan Anda akan berkurang dengan adanya penggunaan cadangan makanan itu.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak hanya menurunkan berat badan, puasa yang Anda lakukan juga punya manfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Yang perlu Anda ingat bahwa faktor-faktor lainnya seperti pola makan dan olahraga teratur juga berperan sangat besar untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Jantung sehat dapat berarti mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung, bahkan risiko stroke. Anda juga dapat melakukan diet sehat usai Ramadan karena umumnya pola makan akan lebih teratur setelah Ramadan.

3. Membantu Membuang Lemak

Telah disebutkan sebelumnya bahwa dengan melakukan puasa cadangan makanan dalam tubuh akan digunakan, termasuk lemak atau disebut ketosis. Ketosis ini membantu tubuh dalam pembakaran lemak. Ini sangat bermanfaat karena kelebihan lemak sentral yang tersimpan di sekitar organ, seperti pada hati dan ginjal, akan mengganggu fungsi organ tubuh tersebut.

Pada puasa intermiten atau diet puasa, proses pembakaran lemak akan tercapai lebih cepat daripada pembatasan kalori. Penelitian mengungkapkan bahwa manfaat puasa secara signifikan dapat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme lemak.

4. Membantu Pemulihan Cedera

Berpuasa setelah cedera mungkin tampaknya malah akan memperparah keadaan, terutama pada cedera otak yang membutuhkan gula. Pemulihan akan menjadi lebih sulit dilakukan. Namun faktanya tidak demikian.

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan, puasa intermiten setelah mengalami cedera justru bisa meningkatkan fungsi otak dari stroke dan penyakit yang memengaruhi otak.

Saat ini, mekanismenya memang belum dipahami, sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut sebelum praktisi kesehatan dapat mulai merekomendasikan puasa intermiten sebagai cara pemulihan pada cedera.

Baca juga: Cedera Engkel dan Penanganan Fisioterapi

5. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh

Manfaat berpuasa lainnya adalah untuk kinerja organ tubuh. Berpuasa dapat memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam.

Demikian manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang layak untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security