Manfaat Fisioterapi Anak untuk Tumbuh Kembangnya

KlinikFisioterapi.com – Fisioterapi anak atau terapi fisik anak merupakan terapi yang dilakukan khusus bagi anak-anak untuk membantu mengatasi masalah terkait gerak tubuh dan perkembangannya. Pada umumnya, masalah-masalah tersebut muncul karena adanya penyakit, kelainan, ataupun cedera. Meski tidak terbatas hanya pada masalah tersebut.

Tujuan dilakukannya fisioterapi anak ini sama halnya dengan tujuan perawatan fisioterapi pada orang dewasa yakni untuk:

  • mendeteksi masalah potensial sejak awal,
  • meredakan nyeri dan peradangan,
  • membantu anak melakukan aktivitas seperti anak-anak normal lainnya,
  • membantu bagian tubuh untuk mendapatkan kekuatan kembali,
  • mengembalikan cakupan gerak pasien,
  • mengembalikan fungsi awal dari bagian tubuh,
  • mengajarkan pasien dan keluarga untuk mencegah agar tidak berulang, dan
  • meningkatkan kualitas hidup pasien secara menyeluruh.

 

Informasi Seputar Fisioterapi Anak

Pada umumnya fisioterapi anak ini dirancang secara khusus dan spesifik untuk memenuhi kebutuhan bayi dan anak-anak dengan berbagai macam kondisi fisik dan keluhan penyakit. Fisioterapi pada umumnya dilakukan pada anak-anak yang mengalami gangguan akibat kelainan lahir, kondisi terkait kanker, cerebral palsy, down syndrome, autism dan delay development yang merupakan masalah pada tumbuh kembang anak.

Manfaat Fisioterapi Anak

Ada banyak manfaat fisioterapi anak yang dapat mengaruhi tumbuh kembang anak. Berikut ini beberapa manfaat fisioterapi anak yang akan buah hati dan keluarga Anda dapatkan.

1. Anak dapat Bergerak dengan Normal

Fisioterapi anak pada umumnya akan dilakukan pada seorang anak yang menderita beberapa gangguan yang mempengaruhi gerak tubuh atau motoriknya. Dengan melakukan fisioterapi anak Anda bisa mendapatkan kekuatan otat untuk bisa menggerakkan tubuhnya kembali secara normal.

Hal ini karena pada setiap kunjungan yang dilakukan,ahli fisioterapis akan memperhatikan perkembangan pasien dengan cara mengukur kekuatan dan juga kelenturan pasien, mengindentifikasi gangguan yang membutuhkan perawatan khsuus serta menganalisa kondisi keseluruhan pasien mulai dari gerakan, cara berjalan dan berlari.

2. Mengembangkan, Memelihara dan Memulihkan Gerak Anak

Fisioterapi memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi permasalahan tumbuh kembang anak. Fisioterapi memiliki peranan yang cukup penting dalam membantu mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak serta fungsi terhadap anka yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan sehingga anak dapat meningkatkan kemampuan fungsionalnya.

3. Mencegah Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak

Fisioterapi anak juga memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah terjadinya keterlambatan dalam tumbuh kembang buah hati Anda. Itu mengapa penting bagi Anda untuk melalakukan pendekatan fisioterapi mulai dari awal sejak anak masih bayi.

Dalam hal ini,fisioterapi biasanya akan dilakuakn dengan teknik pijat pada bayi baik bayi yang lahir normal ataupun bayi yang premature. Bahkan bisa sampai melakukan skrining tes terhadap tumbuh kembang bayi dengan tujuan utama untuk mengetahui apakah bayi Anda mengalami gangguan secara motoric kasar,motoric halus, perilaku sosial dan bahasa sesuai dengan usianya.

4. Mengatasi Masalah Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak

Bahkan tidak hanya dapat mencegah terjadinya keterlambatan tumbuh kembang anak. Manfaat fisioterapi anak yang lainnya juga memiliki peranan penting untuk mengatasi masalah pada tumbuh kembang anak. Salah satu metode pendekatan fisioterapi untuk mengatasi gangguan secara motoric pada anak adalah metode neuro development treatment.

Itu dia beberapa manfaat fisioterapi anak untuk tumbuh kembang buah hati Anda. Memiliki buah hati yang sehat dan cerdas tentu merupakan impian semua orang sebagai orang tua. Jadi, tidak ada salahnya Anda membawa buah hati Anda ke ahli fisioterapis anak untuk proses tumbuh kembang anak di masa depan. Sehingga dengan begitu keterlambatan dalam tumbuh kembang anak bisa dihindari, dicegah dan diatasi. Semoga bermanfaat, terimakasih.

1 thought on “Manfaat Fisioterapi Anak untuk Tumbuh Kembangnya”

  1. Pingback: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak Anda dengan Terapi Berikut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security