Krepitasi pada Sendi Bahu

Saat melakukan aktivitas atau gerakan tertentu, terkadang tubuh mengeluarkan suara tertentu, salah satunya pada bahu. Bunyi pada bahu terkadang terdengar seperti letupan atau ceklikan. Suara ini disebut dengan krepitasi, yaitu suara yang disebabkan karena gesekan pada persendian. Misalnya gesekan antar tulang, tulang dengan otot, dan sebagainya.

Sendi bahu manusia memiliki struktur yang disebut sendi bola. Struktur bulat dan berongga ini memungkinkan sendi bahu bergerak secara maksimal. Tetapi, mobilitas yang maksimum ini menyebabkan sendi bahu lebih rentan terhadap cedera dibanding sendi lainnya.

Pada umumnya, suara yang terjadi tidak berhubungan dengan rasa sakit. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa suara tersebut diikuti dengan tanda peradangan, seperti kemerahan dan terasa sakit. Jika bahu menghasilkan suara dan disertai dengan rasa sakit, biasanya merupakan tanda dari cedera bahu atau permasalahan kesehatan lainnya.

Beberapa penyebab krepitasi antara lain:

  1. Cedera pada sendi bahu,
  2. Adanya peradangan pada sendi bahu,
  3. Terdapat patahan pada tulang belikat yang tidak sembuh dengan sempurna,
  4. Terjadi pelepasan udara dari sendi ketika diregangkan (kavitasi),
  5. Adanya tumor pada tulang yang disebut osteochondroma.

Suara yang dihasilkan oleh pergerakan sendi dan disertai rasa sakit atau nyeri dapat menjadi tanda permasalahan kesehatan yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Apabila seseorang memiliki cedera pada bahu dan tidak dirawat dengan benar. Maka besar kemungkinan cedera tersebut akan menyebabkan kerusakan pada sendi dan otot bahu. Tidak jarang cedera pada bahu yang tidak pulih seperti seharusnya menyebabkan kondisi yang disebut frozen shoulder/bahu beku.

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari krepitasi, antara lain:

  1. Duduk dengan posisi postur tubuh yang baik dan benar,
  2. Segera lakukan pertolongan pertama jika mengalami cedera pada bahu, mulai dengan melakukan kompres es untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Kompres es juga dapat membantu memulihkan cedera bahu lebih cepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security