Kenali Pemicu Nyeri Hebat Myofascial Pain Syndrome

KlinikFisioterapi.com – Anda pernah menemui pasien dengan nyeri hebat pada otot leher atau bagian tubuh lain? Atau malah Anda sendiri mengalaminya? Jangan-jangan itu Myofascial Pain Syndrome (MPS). Sindroma yang satu ini memang banyak tanda-tanda dan gejala yang menyertainya.

MPS pada bagian leher, misalnya, membuat pasien datang dengan keluhan nyeri dan pegal pada daerah satu sisi atau bahkan kedua sisi leher. Apabila dilakukan pemeriksaan akan ditemukan adanya taut band yaitu adanya pemendekan jaringan otot (sarkoplasmik). Fascia otot tersebut kemudian membentuk jaringan fibrotic.

Secara klinis kondisi ini sering dikeluhkan sebagai sesuatu yang “grenjel” pada otot. Apabila diberi penekanan pada daerah tersebut, pasien akan merasakan nyeri yang hebat dan tak tertahankan.

Pemicu Terjadinya Nyeri pada Myofascial Pain Syndrome

Selain itu ditemukan juga adanya trigger point atau jump sign yaitu suatu titik yang terletak di dalam taut band otot yang sangat mudah teritasi pada saat diberikan suatu rangsangan atau penekanan. Tekanan akan menimbulkan nyeri lokal ataupun nyeri yang menjalar pada daerah distal dari trigger point itu.

Lebih jelasnya Anda dapat memperhatikan bagaimana trigger point itu pada video berikut.

Tanda yang lain adalah spasme otot. Hal ini timbul karena nyeri maka otot akan berkontraksi secara terus-menerus sehingga menyebabkan terjadi penumpukan asam laktat dan peningkatan metabolisme pada otot.

Pada kondisi begitu otot tidak mampu mengalirkan kembali sisa-sisa metabolisme yang ada sehingga otot menjadi iskemik, dimana pada kondisi otot normal tanda-tanda yang disebutkan di atas tidak ditemukan.

Keluhan lain yang sering ditemukan pada pasien yaitu adanya kelemahan otot, pemendekan otot dan keterbatasan gerak sendi di daerah yang berada di leher, dan bahkan juga pada sisi lain yang tidak mengalami myofascial.

Gejala Myofascial Pain Syndrome

Dalam kasus seperti ini, pasien cenderung mengurangi gerak sendi dan ototnya. Rasa nyeri yang bisa semakin hebat membuat pasien tidak menggerakan daerah sendi dan otot tersebut. Akibatnya tonus otot akan menurun perlahan dan pasti diikuti pula penurunan kekuatan otot.

Pada sendi sering terjadi keterbatasan gerak karena adanya pengentalan cairan sendi, pemendekan dan kelemahan otot. Akibatnya sendi menjadi sulit dan kaku saat digerakkan. Problematik utama yang ditimbulkan oleh patologi myofascial adalah nyeri. Nyeri merupakan perasaan subyektif seseorang terhadap apa yang ia rasakan, sesuatu yang tidak menyenangkan dan menyakitkan yang terjadi pada dirinya.

Menurut Merskey, 2006, nyeri adalah perasaan dan pengalaman emosi yang berhubungan secara nyata atau potensial dengan kerusakan jaringan atau digambarkan sebagai sesuatu yang berkenaan dengan kerusakan jaringan.

Jadi jika nyeri timbul, hal tersebut merupakan salah satu sinyal yang diberikan tubuh untuk memberitahu bahwa ada jaringan yang berpotensi rusak ataupun sudah rusak. Biasanya tanda ini diinterpretasikan secara berbeda-beda oleh masing-masing individu sehingga sangat tidak salah juga pengertian nyeri berkembang dan berbeda tiap individu.

Adapun beberapa sifat nyeri yang sering dikemukakan pasien adalah:

• tertusuk-tusuk
  • pegal
  • berdenyut
  • teriris-iris
  • tertarik
  • terbakar
  • dan lain sebagainya

Salah satu kondisi yang sering menimbulkan rasa nyeri pada daerah pundak atas adalah kondisi myofascial. Kondisi myofascial ini banyak ditemukan namun sering terjadi salah diagnosa dengan fibromalgia. Soalnya gejala dan tanda dari dua kondisi tersebut memang hampir sama. Karena hal itu pula sering kali pasien mendapatkan penanganan yang salah sehingga banyak keluhan pasien tidak dapat ditangani dengan baik dan benar.

Rihla Farhati

2 thoughts on “Kenali Pemicu Nyeri Hebat Myofascial Pain Syndrome”

1. Pingback: Cara Fisioterapi Mengatasi Nyeri Akibat Myofacial Pain Syndrome

2. Pingback: Tips Stretching Mencegah Nyeri Myofacial Pain Syndrome