fisioterapi otot

Kenali Macam-Macam Fisioterapi untuk Mengatasi Nyeri Bagian Tubuh

Terapi fisik atau fisioterapi lebih efektif dilakukan untuk meminimalkan efek samping dari obat telan yang banyak terlalu banyak dikonsumsi oleh para pasien. Ada banyak jenis terapi yang dapat dilakukan, salah satunya adalah terapi fisik atau fisioterapi yang berperan untuk memperbaiki fungsi gerak motorik akibat adanya gangguan pada otot dan rangka tubuh baik setelah terjadinya patah tulang atau pasca operasi.

Bahkan tidak hanya itu, fisioterapi biasanya juga akan diberikan pada seseorang yang menderita penyakit yang berhubungan dengan sistem syaraf. Secara umum di klinik fisioterapi, para ahli fisioterapis ini akan mengajarkan pasien untuk melakukan gerakan tubuh yang baik dan benar. Yang mana gerakan-gerakan yang diajarkan inilah yang harus dilakukan sendiri oleh pasien di kehidupan sehari-hari misalnya seperti cara berdiri, cara duduk, cara lari dan lain sebagainya.

Biasanya ahli terapis akan membutuhkan informasi mengenai riwayat kelahiran dan catatan klinis pasiennya terlebih dahulu sebelum meganjurkan fisioterapi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bekerja sama atau menemui dokter ahli terapis dalam hal ini agar dapat dilakukan langkah yang tepat. Apabila ahli terapis sudah mengetahui latar belakang dari penyakit yang diderita pasiennya barulah ahli terapis akan memilihkan jenis fisioterapi yang tepat.

Macam-macam Fisioterapi yang Perlu Anda Ketahui

Nah, berikut ini macam macam fisioterapi yang biasanya akan digunakan oleh ahli terapis untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pasiennya.

Exercise Therapy atau Terapi Latihan

Jenis fisioterapy ini bertujuan untuk mengembali fungsi dan memberikan kekuatan serta pemeliharaan gerak agar dapat kembali normal. Misalnya terapi latihan pada anak, biasanya akan diberikan latihan memegang atau menggerakkan tangan dan kakinya. Setelah itu, dilanjutkan dengan latiha mobilisasi dari mulai berdiri, berjalan dan lari kecil serta seterusnya.

Latihan yang diberikan dalam fisioterapi ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan pada otot dan juga kemampuan fungsionalnya dengan mempertahankan sendii agat tidak kaku.

Heating Therapy atau Terapi Pemanasan

Sama halnya dengan namanya, jenis fisioterapi ini adalah memanfaatkan kekuatan panas yang biasanya digunakan pada kelainan, otot, kulit dan jaringan tubuh bagian dalam lainnya. Terapi pemanasan ini disesuaikan dengan tingkat keluhan pasien. Terapi pemanasan biasanya akan dilakukan menggunakan beberapa teknik seperti infra red radiation (IRR), micro diathermy hingga short wave diathermy.

Electrical Stimulation Therapy atau Terapi Stimulasi Listrik

Jenis fisioteraphy ini dilakukan dengan menggunakan aliran listrik bertenaga kecil untuk mengatasi masalah kelemahan otot akibat patah tulang atau kerusakan otot pada anak. Tidak hanya itu, seorang anak yang menderita gangguan pernapasan juga bisa melakukan jenis fisioterapi yang satu ini.

Cold Therapy atau Terapi Dingin

Jenis fisioterapi ini biasanya akan dilakukan untuk mengatasi masalah pada otot dan juga mengurangi bengkak pada bagian tubuh tertentu.

Chest Physiotherapy atau Terapi Bagian Dada

Jenis fisioterapi ini pada umumnya akan dilakukan dengan metode inhalasi/nebulizer, clapping, vibrasi dan postural drainage untuk membersihkan saluran pernapasan dan memperbaiki pertukaran udara dalam tubuh.

Hydro Therapy atau Terapi Air

Jenis fisioterapi ini biasanya akan digunakan pada pasien yang mengalami gangguan gerak akibat spastisitas atau kekakuan. Dengan menggunakan hydro therapy ini maka akan dapat membantu pasien untuk lebih mudah bergerak karena sifat air yang dapat melenturkan gerak tubuh.

Orthopedhic dan Rheumathoid Arthritis

Jenis fisioterapi ini bertujuan untuk mengatasi masalah gangguan pada tulang dan otot yang disebabkan oleh patah tulang, retak atau post fracture, artritis sendi, keseleo dan juga terkilir pada orang dewasa.

Itu dia macam macam fisioterapi yang akan dilakukan oleh ahli fisioterapi untuk menangani berbagai macam masalah pada pasiennya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security