Kebiasaan yang Menurunkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh merupakan salah satu cara untuk mencegah infeksi covid-19, selain dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun. Setiap orang berusaha meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan berbagai cara, mulai dengan mengkonsumsi berbagai vitamin, makanan sehat, hingga memanfaatkan rempah dan bumbu dapur. Walau begitu, tetap saja ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari dapat menurunkan kekebalan tubuh.

1.Malas bergerak

Apalagi dalam situasi dimana masyarakat dihimbau untuk membatasi keluar rumah. Sehingga semakin meningkatlah suatu pola yang disebut sedentary lifestyle, yang mendorong kurang gerak. Tetapi, kurang bergerak ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu dan tetap olahraga di rumah.

2. Konsumsi gula berlebih

Setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsi gula di bawah 5 persen dari energi total. Selama tetap di rumah, tentunya kebutuhan akan gula pun berkurang. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat menurunkan mikroflora usus yang sangat berhubungan dengan kekebalan tubuh.

3. Begadang

Selama bekerja dari rumah, bukan tidak mungkin jika seseorang akan tidur terlambat dan bangun lebih siang keesokan harinya. Karena tidak perlu bangun pagi dan bergegas memulai aktivitas agar tidak terlambat ke kantor. Tetapi, kebiasaan ini tidak baik dilakukan. Karena pada dasarnya tubuh perlu beregenerasi setelah beraktivitas seharian. Apalagi berbagai hormon yang dibutuhkan tubuh akan diproduksi malam hari, dimana produksi tertinggi terjadi sekitar pukul 23.00 – 02.00. Jika terbangun, produksi akan terganggu dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

4. Kurang sinar matahari

Saat ini pemerintah memang menghimbau dengan keras untuk masyarakat tetap berada di rumah. Namun, bukan berarti sama sekali menghindari keluar rumah dan tidak terpapar sinar matahari. Karena sinar matahari akan membantu produksi vitamin D yang bermanfaat dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Sinar matahari yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dapat diperoleh pada pukul 10.00 – 14.00. Ada baiknya jika meluangkan waktu 10 – 15 menit dilaur rumah untuk mendapatkan sinar matahari setiap harinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security