Jenis-Jenis Perawatan Fisioterapi dan Prosedurnya

KlinikFisioterapi.com – Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah medis fisioterapi. Padahal fisioterapi memiliki peranan yang sangat penting untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kesehatan tubuh manusia. Fisioterapi merupakan jenis terapi yang dilakukan ketika seseorang memiliki masalah dalam menggerakkan bagian tubuhnya, atau pemulihan pada cedera dan kecelakaan.​

Fisioterapi tidak hanya dapat dilakukan oleh orang yang sakit saja, akan tetapi juga dapat dilakukan oleh semua orang guna untuk mencegah munculnya penyakit. Fisioterapi disebut juga dengna istilah terapi fisik. Terdapat banyak sekali bidang fisioterapi antara lain adalah fisioterapi anak, fisioterapi stroke hingga fisioterapi ortopedi yang akan kami jelaskan secara lebih rinci di artikel lainnya.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis fisioterapi dan juga prosedur perawatannya terlebih dahulu. Langsung saja mari kita simak ulasannya pada pembahasan berikut.

Prosedur Perawatan Fisioterapi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis perawatan fisioterapi, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui apa itu fisioterapi dan prosedur perawatan fisioterapi terlebih dahulu. Jadi, fisioterapi merupakan suatu perawatan yang dilakukan untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerakan bagian tubuh seseorang yang disebabkan oleh adanya luka, sakit atau hilangnya kemampuan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, fisioterapi juga berfungsi untuk mencegah dan mengurangi risiko atau sakit di kemudian hari.

Prosedur perwatan fisioterapi secara umum dapat berupa gerakan, latihan, terapi manual, edukasi hingga sasaran. Semua orang dari berbagai umur dan kalangan dapat mengikuti terapi ini. Nantinya perawatan fisioterapi akan dipandu oleh seorang terapis untuk mengatasi rasa sakit.

Jenis-Jenis Perawatan Fisioterapi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa fisioterapi terdiri dari beberapa jenis perawatan. Berikut ini beberapa jenis perawatan fisioterapi yang umum dilakukan.

1. Terapi Manual

Jenis perawatan fisioterapis ini merupakan teknik perawatan yang digunakan oleh ahli terapi fisik yang berguna untuk melenturkan sendi dengan cara memijatnya langsung menggunakan tangan.

2. Stimulasi Saraf Transkutan Listrik

Jenis perawatan fisioterapi yang berikutnya adalah stimulasi saraf transkutan listrik. Jenis perawatan fisioterapi ini dilakukan dengan menggunakan sebuah perangkat kecil yang digerakkan oleh baterai. Yang mana perangkat ini nantinya akan mengirim arus tingkat rendah melalui elektroda yang diletakkan di permukaan kulit. Alat fisioterapi yang satu ini digunakan untuk meredakan rasa sakit yang ada di berbagai bagian tubuh.

3. Terapi Magnetik

Sesuai dengan namanya, jenis perawatan fisioterapi yang satu ini dilakukan dengan memanfaatkan electromagnet dengan berbagai jenis dan ukuran. Cara kerjanya hampir sama dengan stimulasi sara transkutan listrik. Terapi magnetic dengan menggunakan electromagnet ini juga memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit yang menyerang.

4. Taping

Alat fisioterapi yang berikutnya digunakan untuk perawatan fisioterapi adalah taping yakni berupa plester elastis yang bermanfaat untuk menyembuhkan cedera di bagian tubuh secara alami. Cara perawatannya yang dilakukan adalah dengan cara menyangga dan menstabilkan otot dan juga sendiri tanpa harus membatasi geraknya.

Alat kinesio taping ini memiliki manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, mempercepat pemulihan cedera, meringankan rasa sakit hingga mampu mengatasi masalah peradangan di dalam kulit.

5. Diathermy

Jenis perawatan fisioterapi ini dilakukan dengan menggunakan panas yang dialirkan melalui arus electromagnetic dengan frekuensi tinggi untuk menyembuhkan berbagai macam kondisi.

6. Ultrasound dan Phonoperesis

Ultrasound terapeutik pada perawatan fisioterapi ini berguna untuk menurunkan peradangan dengan mendorong panas ke bagian tubuh yang cedera hingga menyembuhkan kejang otot, melancarkan sirkulasi darah ke jaringan yang rusak hingga meningkatkan metabolism tubuh.

Sementara phonoperesis adalah teknik perawatan fisioterapi yang memanfaatkan gelombang ultrasonik guna membantu penyerapan obat oles secara maksimal.

Itu dia beberapa jenis perawatan fisioterapi dan prosedurnya. Semoga artikel ini membantu Anda yang sedang mencari informasi tentang fisioterapi. Terimakasih.

1 thought on “Jenis-Jenis Perawatan Fisioterapi dan Prosedurnya”

  1. Pingback: Mengenal Peran Fisioterapis dalam Tim Olahraga – Klinik Fisioterapi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security