terapi fisik bagian kaki

Berbagai Perawatan Fisioterapi Oleh Ahli Terapi Fisik

Fisioterapi atau biasa disebut dengan terapi fisik merupakan jenis terapi yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang menderita kesulitan dalam menggerakkan beberapa bagian tubuh. Salah satu contohnya adalah penderita stroke yang biasanya akan mengalami kesulitan menggerakkan anggota tubuh pasca serangan stroke. Bahkan tidak hanya itu, terapi fisik atau fisioterapi ini juga dapat dilakukan orang yang tidak menderita penyakit kesulitan bergerak saja, fisioterapi juga dapat dilakukan oleh semua orang untuk mencegah cidera dan penyakit di kemudian hari.

Jadi, pada intinya fisioterapi bisa dilakukan oleh siapa saja semua kalangan dan semua usia. Baik anak-anak hingga lansia dengan berbagai jenis tujuan pengobatan tertentu. Perawatan fisioterapi pada umumnya akan dipandu oleh seorang ahli terapis untuk membantu pasien dalam mengatasi rasa sakit yang diderita.

Fisioterapi inin merupakan suatu terapi yang dilakukan berdasarkan pada ilmu pengetahuan dan juga pendekatan secara keseluruhan terhadap kesehatan dan juga kesejahteraan hingga gaya hidup pasien secara umum. Bahkan tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan terapi fisik ini untuk mengelola kondisi medis jangka panjang seperti asma atau bahkan juga bisa dilakukan bagi Anda yang sedang mempersiapkan persalinan.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai berbagai prosedur perawatan fisioterapi yang biasanya akan dilakukan oleh ahli terapi fisik.

Prosedur Perawatan Fisioterapi yang Dilakukan Ahli Terapi Fisik

Ini dia beberapa prosedur perawatan fisioterapi yang pada umumnya akan dilakukan oleh ahli terapi fisik.

Edukasi dan Saran

Pada umumnya ahli terapi fisik akan memberikan saran secara keseluruhan tentang hal-hal yang dapat mempengaruhi keseharian Anda misalnya seperti saran tentang olahraga rutin dan mnegatur berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi dan bentuk tubuh.

Saran-saran yang diberikan ini memiliki tujuan untuk mengubah gaya hidup Anda. Saran yang diberikan biasanya juga berupa hal-hal spesifik yang dapat diaplikasikan setiap hari guna menjaga dan mengurangi risiko nyeri dan cidera.

Contohnya misal Anda menderita sakit punggung, maka ahli terapis akan memberi tahu Anda postur tubuh yang benar, cara membawa dan mengangkat benda yang benar, menghindari gerakan memutar, melakukan peregangan yang berlebihan atau memberi saran jangan berdiri berlebihan.

Gerakan dan Latihan

Selain memberikan edukasi dan saran kepada pesien, perawatan fisioterapi juga akan dilakukan dengan gerakan dan latihan. Nah, gerakan yang diberikan ini biasanya akan disesuaikan dengan saran latihan dan aktiivtas fisik yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Pada umumnya, ahli terapis fisik akan merekomendasikan gerakan dan latihan fisik untuk membantu meningkatkan mobilitas dan fungsi sebagai berikut.

Latihan dalam bentuk gerakan yang dirancang untuk mengubah gerakan dan kekuatan pada bagian tubuh tertentu.

Aktivitas yang melibatkan gerakan keseluruhan tubuh misal seperti berenang dan berjalan

Latihan air hangat dan dangkal, karena air dipercaya dapat membuat otot dan sendi Anda rileks. Tidak hanya itu, air juga dapat memberikan perlawanan untuk membatu menguatkan Anda secara bertahap.

Saran dan latihan yang akan membantu Anda meningkatkan aktivitas fisik dan saran agar Anda tetap aktif dengan cara yang aman.

Serta meggunakan alat fisioterapi yang akan membantu mobilitas seperti kruk atau tongkat yang disediakan untuk membentu pergerakan Anda.

Terapi Manual

Prosedur perawatan fisioterapi yang berikutnya adalah terapi manual yang dilakukan untuk memperkuat bagian tertentu tubuh. Pada latihan gerakan ini, ahli fisioterapis akan menggunakan tangan untuk membantu meredakan nyeri serta kaku dan mendorong kemampuan gerak tubuh menjadi lebih baik.

Bahkan tidak hanya itu, terapi manual ini juga membantu untuk melancarkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit dan kaku pada otot, mengeluarkan cairan dari beberapa bagian tubuh dan juga meningkatkan pergerakan pada bagian tubuh.

Adapun tekni yang biasa dilakukan oleh ahli terapis fisik adalah pijat. Itu tadi beberapa prosedur perawatan fisioterapi yang dilakukan oleh ahli terapi fisik. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security