efek fisioterapi

Efek Samping Fisioterapi, Apakah Berbahaya?

Fisioterapi atau terapi fisik merupakan salah satu bentuk perawatan medis non bedah yang dilakukan untuk menangani masalah keterbatasan fungsi serta gerak tubuh. Pada umumnya, terapi fisik ini akan dilakukan untuk mengurangi risiko yang terjadi akibat cidera dan juga mencegah terjadinya cacat fisik.

Pada umumnya beberapa jenis gangguan kesehatan yang membutuhkan fisioterapi adalah adanya gangguan pada sistem syaraf, gangguan pada otot dan tulang, penyakit jantung dan pembuluh darah serta gangguan pada sistem pernapasan.

Secara umum, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam fisioterapi antara lain adalah program latihan fisik, teknik elektroterapi misalnya seperti ultrasound, laser dan lain sebagainya, fisioterapi manual seperti pijat, peregangan dan latihan menggerakkan sendiri, serta metode lainnya seperti hidro terapi dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pasien yang menjalani fisioterapi pada umumnya adalah adakah efek samping fisioterapi? Nah, untuk mengetahui jawabannya langsung saja mari kita simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Adakah Efek Samping Fisioterapi?

Pada awalnya ahli fisioterapis akan mendeteksi masalah yang diderita pasiennya. Setelah itu, barulah ahli fisioterapis akan menentukan prosedur perawatan fisioterapi mana yang dapat diakukan kepada pasien. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya terdapat beberapa teknik atau metode fisioterapi yang dapat dilakukan contohnya seperti hydro terapi, terapi manual, terapi latihan, terapi pemanasan, electro therapy, chest physiotherapy hingga cold therapy.

Masing-masing teknik fisioterapi tersebut tentu memiliki efek samping yang bermacam, ada teknik fisioterapi yang tidak menimbulkan efek samping dan ada juga teknik fisioterapi yang dapat menimbulkan efek samping. Namun,walaupun begitu efek samping fisioterapi secara umum sangatlah sedikit dan tidak menimbulkan bahaya apapun bagi tubuh.

Oleh karena itu, mengapa fisioterapi merupakan salah satu metode rehabilitasi yang sangat efektif bahan sangat disarankan oleh dokter karena memang risiko dan efek sampingnya sangatlah sedikit. Salah satu teknik fisioterapi yang mungkin akan menimbulkan efek samping adalah fisioterapi yang dilakukan dengan teknik penyinaran. Misalnya saja efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat dari penyinaran yang dilakukan selama masa perawatan fisioterapi adalah kulit akan tampak kemerahan, kulit seperti terbakar hingga nyeri pada bagian tubuh tertentu setelah melakukan terapi.

Namun,efek samping yang ditimbulkan oleh prosedur perawatan fisioterapi ini normal terjadi dan tidak akan menimbulkan risiko yang berbahaya bagi pasiennya. Walaupun akan menyebabkan rasa tidak nyaman serta nyeri pada bagian tubuh tertentu yang ditangani.

Dibandingkan dengan efek samping fisioterapi yang mungkin muncul, akan lebih banyak manfaat fisioterapi yang akan Anda rasakan. Misalnya saja fisioterapi yang dilakukan dengan penyinaran walaupun akan menimbulkan efek samping kulit kemerahan seperti terbakar dan nyeri pada bagian badan yang ditangani. Setelah itu, Anda akan merasakan manfaat fisioterapi seperti peredaran darah menadi lebih lancar, membantu pemulihan pada otot, membnatu mengurangi nyeri serta membantu mengurangi radang yang terjadi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada efek samping fisioterapi yang berbahaya. Karena semua itu normal terjadi. Selama Anda mengikuti petunjuk, prosedur dan persiapan yang disarankan oleh ahli fisioterapis, maka efek samping fisioterapi dapat dihindari.

Tunggu apalagi? Segera datangi ahli fisioterapis sekarang juga untuk mendapatkan manfaat fisioterapi untuk kesehatan tubuh Anda dan tidak perlu khawatir kepada efek samping fisioterapi yang akan ditimbulkannya karena efek samping yang timbul normal terjadi dan tidak berbahaya. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai efek samping fisioterapi. Terimakasih.