Cedera yang Membutuhkan Fisioterapi

Fisioterapi merupakan perawatan yang dapat membantu memulihkan fungsi gerak seseorang yang mengalami cedera, sakit ataupun cacat. Serta dapat mengurangi risiko terjadinya cedera dan sakit di waktu yang akan datang. Ketika seseorang mengalami cedera, salah satu masalah yang dapat terjadi adalah trauma yang menyebabkan kerusakan pada jaringan lebih parah. Apalagi jika terjadi pada trauma yang berulang. Belum lagi adanya kemungkinan pendarahan dan kerobekan pada jaringan. Berikut adalah beberapa cedera yang membutuhkan bantuan fisioterapi dalam pemulihannya.

1. Artritis

Artritis disebabkan oleh sendi yang mengalami peradangan. Kondisi ini biasanya terjadi karena sendi yang dipaksakan sehingga terjadi kerusakan. Artritis biasanya terjadi pada sendi di tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang. Walaupun artritis bisa saja terjadi di semua sendi dalam tubuh. Artritis sangat mungkin untuk menjadi semakin parah seiring berjalannya waktu dan tanpa penanganan yang tepat. Perawatan fisioterapi akan sangat efektif untuk membantu meringankan peradangan yang terjadi.

2. Nyeri punggung dan leher

Nyeri pada punggung dan leher sangatlah umum dialami oleh setiap orang. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, rasa nyeri ini akan semakin menjadi dan akhirnya dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari penderitanya. Nyeri pada punggung dan leher dapat diminimalisir dan diobati dengan perawatan fisioterapi.

3. Achilles Tendonitis

Merupakan kondisi dimana penderitanya mengalami rasa sakit di bagian belakang kaki di atas tumit. Terjadi karena adanya cedera pada tendon achilles. Tendon achilles adalah pita jaringan yang menghubungkan otot dan tulang pada otot betis ke tulang tumit. Cedera pada tendon achilles biasanya terjadi karena peningkatan gerakan yang terjadi tiba-tiba, misalnya saat berolahraga dan beraktivitas. Tanpa didahului dengan pemanasan atau kurangnya bergerak pada umumnya.

4. Patah tulang dan diskolasi

Patah tulang atau fraktur adalah ketika tulang mengalami suatu tekanan yang berlebihan hingga menyebabkan tulang retak hingga patah. Sedangkan diskolasi adalah keadaan dimana saat salah satu tulang lepas dari porosnya sehingga terjadi pemisahan. Kedua kondisi ini dapat disembuhkan dengan fisioterapi. Fisioterapi akan membantu mengembalikan tulang ke keadaan semua, mengurangi rasa sakit, dan membantu penderitanya dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security