Beberapa Latihan Gerakan Fisioterapi Stroke Sendiri Di Rumah

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi beberapa orang karena dapat menyerang sistem saraf pada otak yang pada akhirnya dapat mengganggu gerak tubuh. Stroke biasanya akan menyerang orang yang memiliki riwayat kolesterol tinggi dan juga diabetes. Di Indonesia sendiri penyakit stroke adalah salah satu penyakit yang banyak diderita.

Rehabilitasi dan juga terapi fisik pasca stroke sangat penting sekali dilakukan guna untuk memaksimalkan fungsi tubuh agar kembali normal dan juga menjaga kualitas hidup penderita pasca serangan.

 

Anda bisa melakukan fisioterapi pasca stroke dengan aktivitas sederhaa yang dapat dilakukan dengan mudah dirumah. Walaupun anda juga bisa memanfaatkan bantuan dari para ahli fisioterapis,namun tidak ada salahnya Anda juga melakukan latihan gerakan fisioterapi secara mandiri dirumah sesuai dengan kondisi Anda pada saat ini.

Latihan Gerakan Fisioterapi Stroke

Pada umumnya terdapat dua jenis aktivitas fisioterapi pasca stroke ang dapat dilakukan berdasarkan pada kepentiangannya yakni latihan aktif dan latihan pasif. Latihan fisioterapi aktif dilakukan apabila penderita seraagn hanya mengalami kelemahan atau penurunan fungsi tubuh. Sedangkan latihan fisioterapi pasif dilaksanakan dengan bantuan oelh caregiver, perawat dan keluarga karena teradi kelumpuhan atau paralysis setelah serangan stroke terjadi.

Nah, berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa latihan fisioterapi terapi yang dapat Anda lakukan setelah stroke agar fungsi saraf dan sel tubuh normal kembali.

Knee Extensions

Jenis latihan ini dapat Anda lakukan dengan cara duduk diatas kursi dengan nyaman, lalu luruskan aki sesuai kemampuan Anda. Kemudian turunkan kaki secara perlahan menuju lantai. Ulangi gerakan tersebut pada kaki yang sebelah. Anda bisa melakukannya 10x hitungan pada masing-masing kaki.

Seated Marching

Latihan fisioterapi stroke berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah seated marching dengan cara tetap pada posisi duduk. Kemudian angkat paha dan arahkan hingga sejajar dengan dada. Usahakan Anda mengontrol gerakan ini sebaik mungkin secara perlahan. Setelah itu turunkan kaki secara perlahan dan ulangi pada kaki lainnya dengan 10x hitungan pada masing-masing kaki.

Knee to Chest

Latihan fisioterapi stroke berikutnya yang dapat Anda coba lakukan adalah knee to chest yang dilakukan pada posisi telentang. Pastikan Anda memposisikan diri secara nyaman, kemudian arahkan dan tekuk lutut mengarah pada dada semampu Anda. Setelah itu, turunkan secara perlahan dan atur nafas Anda. Ulangi pada sisi kaki yang lainnya hingga 10 kali hitungan.

Toe Taps

Selanjutnya, pertahankan posisi terlentang lalu angkat kaki kiri dan silangkah diatas kaki kanan yang ditekuk 90 derajat. Pertahankan semampu Anda kemudian turunkan secara perlahan, ulangi gerakan tersebut pada kaki yang lainnya.

Tabletop Circle Movement

Latihan fisioterapi stroke berikutnya cukup ringan Anda hanya perlu menyatukan kedua jari tangan Anda dan peganglah sebuah botol. Bentuk gerakan melingkar dengan mempertahankan kedua tangan tetap bergandengan. Lakukan sebanyak 10 kali putaran membentuk lingkaran.

Unweighted Bicep Curls

Mulailh latihan fisioterapi ini dalam posisi duduk. Tegakkan lengan hingga 90 derajat secara perlahan diatas meja, kemudian turunkan secara perlahan. Lakukan hingga 10 kali sesuai kemampuan. Latihan ini berfungsi untuk menjaga kekuatan otot bisep dan trisep Anda.

Open Arm Movement

Pegang botol dengan menggunakan tangan yang terkena serangan stroke. Kemudian setelah itu, arahkan lengan untuk membuka kea rah sisi samping tubuh. Arahkan kembali untuk menutup dan merapatkan kedua tangan menjadi satu. Lakukan latihan membuka dan menutup ini sebanyak 10 kali sesuai kondisi Anda.

Itu dia beberapa latihan fisioterapi stroke yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Sebenarnya masih banyak latihan dengan gerakan yang lainnya. Namun, satu hal yang harus Anda ingat adalah pastikan Anda tetap berada dalam panduan ahli fisioterapi agar tidak terjadi kesalahan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security