bidang fisioterapi

Beberapa Bidang Fisioterapi Berdasarkan Sasaran Pengobatannya

Bagi Anda yang memiliki masalah dalam menggerakkan tubuh, fisioterapi dapat Anda jadikan salah satu solusi tepat yang dapat Anda coba lakukan. Bahkan tidak hanya bagi Anda yang sedang sakit parah, namun semua orang juga dapat melakukan fisioterapi atau terapi fisik yang satu ini untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan tubuh.​

Fisioterapi atau biasa disebut juga terapi fisik ini merupakan jenis terapi yang dilakukan guna untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerakan bagian tubuh seseorang yang terganggu akibat sakit, adanya luka atau kehilangan fungsi dan kemampuan tubuh.

Pada umumnya perawatan yang dilakukan dalam fisioterapi terdiri dari gerakan, latihan, terapi manual, edukasi dan saran. Semua orang bisa mengikuti terapi fisik ini. Pada umumnya, terapi fisik akan dipandu oleh seorang ahli terapis yang mendampingi dan membantu pasien mangatasi rasa sakit.

Fisioterapis dibagi menjadi beberapa bidang yan dibagi berdasarkan pada sasaran pengobatannya antara lain yaitu fisioterapi anak, fisioterapi stroke dan fisioterapi ortopedi. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa bidang fisioterapi yang dibagi berdasarkan pada sasaran pengobatannya.

Bidang Fisioterapi Berdasarkan Sasaran Pengobatannya

Fisioterapi merupakan suatu perawatan yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh. Beda sasaran tentu akan beda juga manfaat yang akan didapatkannya. Adapun beberapa bidang fisioterapi yang dibagi berdasarkan sasaran pengobatannya adalah sebagai berikut.

Fisioterapi Anak

Sesuai dengan namanya, fisioterapi anak memiliki tujuan untuk membantu mengobati anak dan remaja yang memiliki masalah pada kesehatan fisiknya. Tidak hanya itu, fisioterapi pada anak juga dilakukan untuk membantu memberikan dukungan pada keluarga dan orang tua yang mempunyai anak dengan berbagai jenis masalah fisik.

Pada umumnya, fisioterapi anak akan dilakukan apabila anak memiliki kesulitan menggerakkan bagian tubuh. Sehingga dengan dilakukannya fisioterapi ini dapat memaksimalkan perkembangan fisik anak, aktivitas hingga kemampuannya untuk bermain dan bersosialisasi.

Fisioterapi Neurologis

Bidang fisioterapi neurologis ini dilakukan untuk beberapa orang yang mengalami masalah dan gangguan saraf atau neurologis. Beberapa orang yang membutuhkan fisioterapi neurologis ini misalnya seperti seseorang yang menderita peyakit Alzheimer, cidera tulang belakang, stroke dan Parkinson. Namun, kebanyakan orang yang menggunakan fisioterapis neurologis ini adalah seseorang yang terkena stroke. Sehingga tak heran banyak orang yang menyebutkan jenis fisioterapi ini dengan sebutan fisioterapi stroke.

Fisioterapi stroke pada umumnya akan dilakukan pada saat setelah terjadi serangan stroke. Hal ini karena stroke akan menyebabkan kerusakan otak sehingg akan menyebabkan kelemahan dan kelumpuhan pada salah satu sisi tubuh dan penderita akan kesulitan ketika akan menggerakkan tubuhnya.

Nah, dengan melakukan terapi fisik atau fisioterapi stroke ini maka akan dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali kekuatan dan kemampuan menggerakkan tubuh. Fisioterapi stroke sering disebu juga neurofisioterapi yakni spesialis terapi untuk mengatasi masalah kerusaan pada otak dan sistem saraf.

Fisioterapi Ortopedi

Fisioterapi ortopedi ini akan membantu Anda mendiagnosis, mengendalikan dan juga mengobati ganguan dan juga cedera pada sistem musculoskeletal. Tujuam dilakukannya terapi fisik ortopedi ini adlaah untuk membantu proses penyembuhan setelah dilakukan operasi ortopedi atau tulang.

Pada umumnya, ahli terapis otopedi ini akan dilatik untuk menangani pengobatan sendi pascaoperasi, radang sendi, cedera olahraga dan cedera yang lainnya. Terapi fisik ortopedi ini akan dilakukan dengan stimulasi listrik untuk mempercepat pemulihan pasien. Tidak hanya itu, ahli terapis juga akan merekomendasian berbagai jenis latihan yang tepat sesuai dengan kondisi pasiennya.

Itu dia informasi mengenai beberapa bidang fisioterapi berdasarkan pada sasaran pengobatannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Malcare WordPress Security